Masakan Korea Diklaim Ada Juga yang Halal

K-Food Fair 2016
Sumber :
  • dok.ist

VIVA.co.id – K-Food Fair 2016 sukses digelar baru-baru ini dengan mendatangkan sejumlah menu masakan asli Korea Selatan seperti Bulgogi, Bibimbap, Jumeokbap, Tteokpokki dan lainnya. Ratusan pengunjung alias pecinta masakan Korea berebut mencicipi ragam kuliner tersebut.

Cicip Lezatnya Aneka Seafood Nusantara

Melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Direktur Pusat Korea Agro-Fisheries & Food Trade Corporation, Roh Tae Hak mengatakan K-Food tak hanya digelar di Indonesia namun juga di negara Asia lainnya Seperti Malaysia, Thailand, Tiongkok dan Uni Emirat Arab.

"Melalui K-Food Fair 2016 ini kami bersungguh-sungguh masuk ke pasar Indonesia, ada 20 perusahaan makanan dan minuman asal Korea yang berpartisipasi pada pameran kali ini," kata Roh Tae Hak, Rabu 12 Oktober 2016.

Cicip Sensasi Lembut Steam Baby Lobster, Gurih dengan Bumbu Sederhana

Dalam K-Food kali ini, tema yang diangkat juga soal makanan halal masakan Korea.

Menurutnya mengingat lebih dari 85% persen penduduk Indonesia adalah muslim, pendekatan utama yang dilakukannya mengenai halal. Dengan mengusung tema “Gaya Hidup Sehat dan Aman dengan K-Food Berkualitas”, kegiatan ini bertujuan untuk lebih memperenalkan produk-produk makanan khas Korea yang berkualitas dan aman untuk menunjang gaya hidup sehat.

Enggak Musik Saja, GAC Jaring Millenial Geluti Dunia Kuliner

“Diangkatnya isu halal dalam seminar tersebut karena menurut data DinarStandard, nilai bisnis pasar halal di Asia mencapai US$418,1 miliar dan di Timur Tengah serta Afrika mencapai US$155,9 miliar,” ungkapnya.

Makanan Korea dikatakannya sangat mengutamakan sayuran dan tidak menggunakan MSG dan lain sebagainya, tetapi memang untuk kepastian halal harus ada sertifikat dari LPPOM MUI. Sementara banyak perusahaan makanan Korea yang ingin mengekspor produknya ke Indonesia tidak mau mengikuti proses uji sertifikasi karena butuh biaya yang tidak sedikit.

Sementara Chief Representative aT (Korean Agro Fisheries and Food Trade Corporation, Nam Taek Hong, mengatakan pengunjung dapat melihat proses pembuatan makanan Korea serta dapat mencicipi aneka makanan Korea seperti Bulgogi, Bibimbap, Jumeokbap, Tteokpokki, dan sebagainya.

“Melalui K-Food Fair 2016, kami berharap masyarakat Indonesia dapat lebih mengenal dan mencintai makanan Korea. Event K-Food Fair tahun lalu telah direspons positif oleh pasar Indonesia,” ungkapnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya