Ube, Pewarna Alami Kuliner Serba Ungu

Donat dari ube atau ubi ungu
Sumber :
  • Instagram @manilasocialclub

VIVA.co.id – Makanan dengan aneka warna memang tengah menjadi idola di kalangan masyarakat, mulai dari warna hijau hingga warna pelangi. Namun kini, tidak hanya hijau, warna kuliner ungu juga mulai muncul dan menarik perhatian para foodie.

Netizen Soroti Makanan Viral Rupai Rambut Halus, Sebut Sop Bulu

Adalah Ube, bahasa Tagalog untuk penyebutan ubi rambat berwarna ungu. Sekilas, ube tampak seperti kentang berwarna keabu-abuan, namun bagian dalam ubi berwarna ungu gelap.

Ubi ungu sangat lazim ditemukan di negara-negara Asia terutama pada hidangan khas Fillipina. Umumnya ubi ini digunakan untuk memberi warna makanan, seperti pastry, kue dan es krim.

Gulai Ikan Semah, Kuliner Unik Kerinci Khusus Priyayi dan Bangsawan

Dilansir laman Huffington Post, ube memiliki rasa manis yang khas dan berbeda dengan ubi lain. Beberapa orang mengatakan ubi ini memiliki aroma floral dan cocok disandingkan dengan rasa kelapa.

Biasanya ube digunakan dalam bentuk yang sudah diolah seperti selai, bubuk atau ekstrak. Hal ini tentu membuat ube menjadi lebih mudah dicampur dengan bahan makanan lain.

5 Kuliner Unik Khas Bandung, Cocok Buat Oleh-oleh

Salah satu menu olahan ube khas Filipina yang terkenal adalah Ube Halaya. Ini adalah selai ube yang bisa langsung disantap atau dicampur dengan bahan makanan lain. Namun, untuk mendapatkan cita rasa asli dari ube, Anda bisa menikmatinya dalam bentuk es krim.

Saat ini, ube semakin dikenal terutama di media sosial. Salah satu olahan ube yang terkenal adalah donat ube di Manilla Social Club, Brooklyn, New York. Diketahui restoran tersebut membuat 40 donat beku setiap hari Jumat dan selalu ludes diserbu pembeli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya