Deretan Manfaat Konsumsi Smoothie Hijau di Pagi Hari

Ilustrasi smoothie.
Sumber :
  • Pixabay/xxolgaxx

VIVA.co.id – Banyak yang percaya bahwa hidup yang sehat diawali dengan menu sarapan sehat. Nyatanya, hanya 1 dari 30 orang dewasa yang benar-benar melakukan sarapan di pagi hari. Salah satu alasannya adalah karena keterbatasan waktu. Namun, ada satu menu yang bisa Anda konsumsi di pagi hari. Selain menyehatkan, asupan ini juga ramah kantong dan cepat dibuat.

Jelang Ramadhan, Zaidul Akbar Bagikan Resep Sirup Sehat Buat Buka Puasa

Green smoothies atau jus hijau adalah minuman yang terbuat dari sayuran berwarna hijau seperti bayam, selada dan tanaman hijau lain. Pisang, apel, alpukat adalah pasangan yang cocok untuk menikmati smoothies tersebut. Selain menyehatkan, apa saja manfaat mengonsumsi mengonsumsi smoothie di pagi hari? Berikut diantaranya, seperti dilansir dari laman Lifehack.

Kaya klorofil

3 Tren Minuman di 2022 yang Patut Dihindari, Jangan Dicoba!

Smoothie hijau kaya akan klorofil yang baik untuk meningkatkan sistem imun, membersihkan darah dan meremajakan tubuh. Oleh karena itu, meminum smoothie juga disarankan dilakukan di pagi hari.

Meningkatkan konsentrasi

Pakar Sebut Minuman 'Sehat' Ini Berbahaya Bagi Wanita dan Remaja

Sayuran hijau kaya akan antioksidan dan karotenoid yang bermanfaat meningkatkan kinerja dan melindungi otak. Tak hanya itu, sayuran ini juga kaya vitamin B yang baik untuk menjaga ingatan, fokus dan kesehatan otak secara keseluruhan.

Baik untuk pencernaan

Tidak seperti jus lain, smoothie hijau ini lebih kaya akan serat dan nutrisi. Sedangkan serat baik untuk kesehatan usus dan membuatnya tetap bekerja. Selain itu, smoothie juga mampu mencegah konstipasi.

Memperbaiki suasana hati dan mengatasi depresi

Sayuran hijau mengandung banyak asam folat yang bermanfaat sebagai zat antidepresan. Asam folat pada sayuran juga mampu mencegah pikun dan meningkatkan hormon serotonin yang berperan dalam memperbaiki suasana hati.

Menurunkan berat badan

Smoothie hijau kaya akan nutrisi dan minuman ini sangat rendah kalori. Smoothie hijau mengandung vitamin, mineral dan karbohidrat sehat, serat dan rendah lemak. Tak hanya itu, smoothie hijau juga mengandung gula alami layaknya buah.

Membersihkan kulit

Kulit yang bersih dan cerah sering diasosiasikan dengan kondisi kesehatan. Smoothie, seperti yang sudah disebutkan di atas, kaya akan serat dan memungkinkan tubuh mengeluarkan racun-racun yang ada di dalammnya. Vitamin E yang bekerja sama dengan vitamin C pada sayuran hijau membantu menjaga kulit Anda tetap awet muda.

Menghidrasi tubuh

Mengonsumsi smoothie hijau tidak hanya menjadi satu cara untuk menjaga asupan buah dan sayur, tetapi juga cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. 

Sayuran hijau

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya