Lima Manfaat Menakjubkan Nangka

Ilustrasi nangka.
Ilustrasi nangka.
Sumber :
  • Pixabay/Vasanthkumar

VIVA.co.id – Buah nangka tidak disukai oleh beberapa orang karena bau dan getahnya.  Tapi tidak ada yang menyangkal bahwa buah super ini memiliki beberapa manfaat menakjubkan untuk kesehatan.

Buah ini memiliki daging yang sangat manis dan penuh akan  nutrisi, serta mengandung  vitamin A, B6, C, kalium, tembaga, dan serat. Di samping itu, buah berwarna kuning ini juga memiliki kandungan rendah lemak jenuh dan kolesterol.

Berikut adalah beberapa manfaat nangkan untuk kesehatan, seperti dilansir Boldsky:

1. Pencegahan pembentukan sel kanker

Nangka mengandung sejumlah fitonutrien tertentu, seperti lignan, isoflavon dan saponin, yang masing-masing memiliki manfaat anti-kanker yang kuat. Saponin dikenal untuk mencegah kanker usus besar dan leukemia. Sedangkan lignan dan isoflavon membantu mengobati kanker endometrium.

2. Meningkatkan kesehatan mata

Konsentrasi tinggi vitamin A dalam nangka, meminimalkan risiko gangguan mata, seperti degenerasi makula. Mengonsumsi nangka secara teratur, dapat melindungi kornea dan juga melawan infeksi.

3. Sumber energi

Karbohidrat dan vitamin B dalam nangka membuatnya menjadi sumber kuat energi. Vitamin B1 dan B2 mengonversi karbohidrat, yang disediakan oleh buah yang sama menjadi energi. Buah ini memiliki kombinasi yang unik sebagai buah-penyedia energi. 

4. Meningkatkan sistem pencernaan

Mereka yang memiliki masalah dalam pencernaan,  kadar serat dalam buah nangka membantu membuatnya lebih efektif. Setiap 100 gram nangka mengandung sekitar 15 gram serat. 

5. Meningkatkan kesehatan kulit

Konsumsi nangka mampu melawan keriput kulit, dan membantu menjadikan kulit lebih bercahaya. Berkat antioksidan buah yang menetralisasi radikal bebas berbahaya.