Influencer Vegan Zhanna Samsonova Meninggal Gegara Diet Buah Nangka, Kok Bisa?

Influencer Vegan Zhanna Samsonova.
Sumber :
  • Instagram @rawveganfoodchef

PHUKET – Influencer vegan Zhanna Samsonova, yang secara konsisten mempromosikan makanan mentah di media sosial, dilaporkan telah meninggal karena kelaparan. Mendiang Zhanna Samsonova kabarnya meninggal setelah menjalani diet nangka, menurut sebuah laporan di New York Post, yang mengutip teman dan keluarga.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Kasus ini harus menjadi catatan peringatan di antara mereka yang mengikuti diet ekstrem dan akhirnya memercayai penasihat media sosial atas logika nutrisi dasar. Sebagian besar akan mengenal influencer berusia 39 tahun itu dari Instagram Zhanna D'Art. Namun, banyak pengikutnya yang telah memerhatikan bagaimana dia semakin kurus dalam setiap postingannya. Scroll untuk info selengkapnya.

Mendiang Zhanna akhirnya meninggal dunia saat tur di Asia Tenggara. Seorang teman dekat yang dikutip oleh New York Post mengatakan bahwa dia mengalami kaki bengkak yang mengeluarkan getah bening. Saat hendak diobati, Zhanna justru kabur sehingga semakin memperparah keadaannya.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

"Mereka mengirimnya pulang untuk mencari pengobatan. Namun, dia melarikan diri lagi. Ketika saya melihatnya di Phuket, saya merasa ngeri," jelas seorang teman dikutip laman Indian Express, Rabu 2 Agustus 2023.

Siap-siap Kesal Baca Berita tentang Model Ini

Ibu Zhanna Samsonova mengatakan dia meninggal karena infeksi seperti kolera. Samsonova, dengan kata-katanya sendiri, bertahan dengan pola makan vegan mentah sepenuhnya selama empat tahun terakhir.

"Ia hanya mengonsumsi buah-buahan, kecambah biji bunga matahari, smoothie buah, dan jus," kata ibunya.

Zhanna mengklaim bahwa itu membawa transformasi tubuh dan membantunya terlihat lebih muda dari rekan-rekannya. Tapi apa yang dia anggap sehat ternyata adalah pola makan yang paling tidak sehat dari semuanya.

“Murni mengikuti apa yang dia posting, merupakan keajaiban bahwa dia bertahan selama itu. Mengingat dia hanya hidup dari nangka mentah, dia jelas menderita kekurangan protein, zat besi, kalsium, dan vitamin B12 yang parah,” kata Ritika Samaddar, Regional Head, Nutrition And Dietetics, Max Super Speciality Hospital, New Delhi.

Samaddar menegaskan bahwa tidak ada ahli gizi yang akan merekomendasikan pola makan vegan sepenuhnya karena tidak dapat memastikan keseimbangan makronutrien dan mikronutrien. Ia melarang manusia bergantung hanya kepada protein tertentu, seperti dari susu almond yang mahal.

"Tolong pahami bahwa pola makan vegan hanya tentang makanan nabati dan bukan produk susu. Artinya, sumber protein sangat dibatasi. Sekarang jika Anda seorang vegan makanan mentah dengan buah-buahan dan sayuran, Anda telah membatasi protein lebih lanjut dalam makanan Anda," terangnya.

Ia mengatakan bahwa secara jangka pendek mungkin tak menunjukkan dampak berbahaya bagi tubuh. Kendati begitu, dampak semakin terasa dalam jangka panjang karena tubuh mulai kekurangan kebutuhan penting.

"Kunci diet semacam itu sangat berjangka pendek karena diharapkan membantu Anda menurunkan berat badan, meningkatkan kadar kolesterol dan lipid Anda. Tetapi dalam jangka panjang, Anda dapat mempertahankan penanda tubuh sehat Anda hanya jika Anda memiliki makanan seimbang dengan waktu yang cukup untuk mencernanya sepenuhnya, ”kata Samaddar.

Selain itu, menurutnya, kita juga tidak bisa mengabaikan makronutrien lainnya, yaitu karbohidrat dan lemak. Tubuh harus mendapatkan setidaknya 25 persen energi kita dari lemak. Dengan tidak adanya lemak dari makanan, vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, E, D dan B12, tidak akan diserap oleh tubuh. 

Mungkin, katanya, akan ada kekurangan mikronutrien yang parah seperti zat besi dan kalsium. Ingatlah bahwa zat besi, kalsium, vitamin D, dan vitamin B12, yang sangat penting untuk kelancaran fungsi proses tubuh, hanya tersedia dari sumber non-vegetarian atau susu. Kalsium dan Vitamin D menentukan kesehatan tulang Anda. Tingkat vitamin B12 yang kurang optimal dapat menyebabkan anemia, kerusakan sistem saraf, infertilitas, dan penyakit jantung. 

"Dengan ketidakhadiran mereka dari sumber makanan Anda, Anda membutuhkan suplemen untuk tetap sehat. Satu studi menemukan bahwa semua orang yang hanya hidup dengan pola makan vegan mentah memiliki kurang dari 2,4 mcg vitamin B12 yang direkomendasikan per hari, ”kata Samaddar.

Tinjauan komprehensif, yang diterbitkan dalam jurnal medis, Progress in Cardiovascular Diseases, pada September 2022, menemukan bahwa pola makan vegan sering dipromosikan sebagai baik untuk kesehatan jantung, tetapi menghilangkan konsumsi produk hewani menyebabkan kekurangan nutrisi dan dapat menyebabkan konsekuensi negatif. 

Protein hewani sendiri telah menjadi bagian penting dari pola makan manusia setidaknya selama tiga juta tahun. Menghilangkan semua makanan hewani akan seperti memutuskan Anda akan memberi makan tahu harimau dan berharap itu akan sehat. 

Itulah mengapa ulasan tersebut menganjurkan diet makanan utuh omnivora nabati, yang terdiri dari makanan alami yang tidak diproses, kaya akan sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak zaitun, beri, dan buah-buahan lainnya, bersama dengan biji-bijian dan polong-polongan. 

Makanan hewani seperti makanan laut hasil tangkapan liar, daging yang digembalakan di padang rumput, telur, dan susu tanpa pemanis juga penting untuk diet, tambah para peneliti. Samaddar mengatakan bahwa ada banyak informasi yang salah tentang diet makanan mentah. 

“Ya, mereka mengarah pada penurunan berat badan, peningkatan kesehatan jantung, dan menurunkan risiko diabetes dalam jangka pendek. Tetapi penurunan berat badan harus menjadi model yang berkelanjutan. Dan itu hanya bisa terjadi dengan diet seimbang,” kata Samaddar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya