Wajib Tahu, Tips Sehat Konsumsi Kopi

Kopi.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA.co.id – Kopi bisa dibilang masih memiliki imej yang buruk bagi segelintir orang. Terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa memicu dehidrasi, gugup dan insomnia.

Pecinta Kopi Semakin Dimanjakan dengan Festival Unik

Namun, jika dikonsumsi dengan aturan tertentu justru bisa mengurangi risiko beberapa jenis kanker, diabetes tipe 2 dan Parkinson. Manfaat tersebut bisa didapat dengan mengurangi kadar gula yang Anda campur dalam cangkir kopi Anda. Tak hanya itu, berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar kopi tidak menjadi ancaman saat dikonsumsi, seperti dilansir dari Live Strong.

Menyaring

Hapus Penat Selepas Kerja dengan Kesegaran Es Kopi Jadoel

Menggunakan French press memang menjadi opsi menguntungkan untuk menyiapkan secangkir kopi, namun menurut peneliti dari University of Nevada, Marie-Louise Ricketts, cara ini justru meningkatkan kadar kolesterol. Kopi yang tidak disaring mengandung cafesol, yang ia sebut sebagai senyawa yang berkontribusi meningkatkan kadar kolesterol.

Menggunakan kertas saring ketika menyeduh bisa menghilangkan sebagian besar senyawa ini.

Tujuh Fakta tentang Kopi yang Mungkin Belum Anda Tahu

Kurangi krim dan gula

Kopi murni biasanya mengandung kalori yang rendah. Namun, ketika Anda mulai menambahkan krim atau gula, kadar kalori tersebut langsung meningkat.

Setiap satu sendok makan krim mengandung sekitar 52 kalori tambahan dan satu kemasan kecil gula bisa menambah 11 kalori. Untuk pilihan yang lebih sehat, sebaiknya gunakan susu bebas lemak ketimbang krim.

Tahu kapan harus mengonsumsi kopi

Di satu sisi, kopi bisa menguntungkan karena kandungan kafein yang terdapat di dalamnya. Sebaiknya kopi dikonsumsi empat hingga tujuh jam sebelum tidur. Jika ketagihan mengonsumsi kopi, cobalah untuk mengonsumsi kopi tanpa kafein. Cara ini bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Hati-hati saat ngopi di kedai kopi

Dalam artikel yang terdapat di NBC News, sebanyak 31 persen orang di kedai kopi cenderung memesan minuman tinggi kalori. Rata-rata minuman tersebut mengandung 240 kalori, sedangkan kopi biasa dengan tambahan gula mengandung 75 kalori.

Agar konsumsi kopi tidak berujung pada penyakit, pesanlah kopi dengan ukuran gelas paling kecil dan sebisa mungkin bertanya apakah susu yang digunakan bebas lemak dan hindari penambahan pemanis atau whipped cream pada kopi.

Ilustrasi kedai kopi

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya