Ketika Kopi Indonesia jadi Primadona Dunia

Ilustrasi bubuk kopi.
Sumber :
  • Pixabay/Elias Shariff Falla Mardini

VIVA.co.id – Keragaman dan kenikmatan kopi Indonesia memang tidak ada duanya di dunia. Seperti diketahui, kopi Indonesia memiliki komoditi dan prospek yang sangat besar di beberapa negara, termasuk pasar Amerika Serikat.

Ketika Kopi Nusantara Jadi Primadona di Istanbul

Kenikmatan kopi Indonesia, kini menjadi peringkat kelima dari negara pengekspor kopi ke Amerika Serikat. Dari keragaman tersebut hadirlah cita rasa unik dari masing-masing daerah.

Mutu dan kualitas dari kopi lokal sendiri telah menjadi primadona bahkan dapat disejajarkan dengan negara Brasil yang dikenal penghasil kopi terbaik. Sehingga kini Indonesia telah membantu dalam memasok kebutuhan kopi dunia.

Kafe Khusus Aneka Kopi Indonesia Akhirnya Dibuka di Jerman

"Berbagai jenis kopi hasil olahan Indonesia telah menjadi primadona karena kopi Indonesia tidak kalah dengan negara pengekspor kopi seperti Brasil. Tidak hanya itu perkopian pun kian bertambah seiring dengan permintaan kopi baik dalam negeri maupun luar negeri," ujar Eris Susandi, selaku General Manager Twind Coffee Roastery & Gallery saat ditemui pada acara Diskusi Kopi Pemberdayaan bersama Dompet Dhuafa di kawasan Jakarta Pusat, Senin, 19 Desember 2016.

Eris menambahkan bahwa sedikitnya Indonesia menyumbang sekitar 15-20 persen dari total kebutuhan dunia. Karena itu kopi merupakan potensi strategis yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi yang dapat menghasilkan nilai tambah bagi masyarakat serta penghasil devisa negara.

Tiga Cangkir Kopi Sehari Bisa Turunkan Berat Badan

"Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia dapat menyumbangkan sekitar 15-20 persen kopi dari total kebutuhan dunia. Ini progres yang sangat baik karena dapat meningkatkan devisa bagi negara," ucapnya.

(ren)

Kakao dan Kopi Indonesia.

Kopi Indonesia Rambah Pasar Balkan Eropa

Kopi Indonesia merambah pasar di kawasan Balkan Eropa. Perjanjian ekspor itu bernilai US$1,05 juta (sekitar Rp15 miliar) per tahun.

img_title
VIVA.co.id
11 November 2021