Kenali Perbedaan Fast dan Junk Food

Fast food, baked potato brocoli Wendy's
Sumber :
  • Wendy's

VIVA.co.id – Seringkali masyarakat lebih mengetahui fast food memiliki arti yang sama dengan junk food. Padahal, tidak semua fast food merupakan junk food.

Kanker Intai Organ Kewanitaan Jika Gemar Konsumsi Makanan Populer Ini

Perbedaan mencolok dari keduanya terlihat dari bahan memasaknya. Di mana, fast food mengutamakan memilih bahan masakan yang memiliki nutrisi sesuai standar nasional.

"Fast food itu bukan junk food. Persamaannya, hanya dari cara masaknya saja yang cepat. Tetapi, pemilihan bahan fast food memiliki kandungan yang berkualitas dan bernutrisi. Sedangkan junk food, yaitu makanan yang dibuat tanpa memikirkan kualitasnya," ujar ahli gizi Leona Veronica dalam pembukaan Wendy's di Neo Soho, Jakarta, dikutip dari rilis yang diterima VIVA.co.id.

A Study Reveals Unhealthy Food that Actually Good for the Body

Menurut Leona, junk food tidak memiliki bahan makanan yang berkualitas dan bernutrisi baik. Bahkan, junk food bisa ditemukan di tempat mana saja di Indonesia.

"Kalau yang kita tahu, mungkin burger dan ayam goreng itu junk food. Padahal, kalau di Indonesia juga banyak warteg, atau nasi goreng yang dimasak cepat dan tidak bernutrisi baik. Sehingga, pemilihan fast food harus dikenali dengan baik," kata dia.

IDAI: Jangan Targetkan Anak Gemuk, Tapi Harus Sehat

Menurutnya, pilihan makanan fast food yang baik, tergantung dari pemahaman dan pengetahuan tiap orang. Disarankan oleh Leona, pemilihan makanan fast food yang berkualitas harus terdiri dari serat, karbohidrat, dan protein rendah lemak.

"Cara gampangnya, yaitu harus ada karbohidrat, serat, dan protein rendah lemak. Di Wendy's, bisa pilih baked potato brocoli, di mana kulit kentangnya bisa menjadi serat, kentang jadi karbo, dan brokoli seratnya," jelasnya. (asp)

Ilustrasi makan/burger/junk food.

7 Fakta Junk Food yang Jarang Diketahui dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Junk food atau makanan cepat saji seperti burger dan minuman bersoda adalah makanan dan minuman yang sering kali lezat tetapi pada faktanya memiliki nilai gizi sedikit.

img_title
VIVA.co.id
25 September 2023