7 Fakta Junk Food yang Jarang Diketahui dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Ilustrasi makan/burger/junk food.
Sumber :
  • Freepik/freepik

Jakarta – Junk food atau makanan cepat saji seperti burger, keripik, dan minuman bersoda adalah makanan dan minuman yang sering kali lezat tetapi pada faktanya memiliki nilai gizi yang sedikit. Ini adalah makanan yang sangat populer di seluruh dunia, tetapi ada beberapa fakta menarik yang mungkin belum kamu ketahui tentang makanan ini. Berikut ini beberapa fakta tentang junk food yang dihimpun dari berbagai sumber. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

1. Tinggi Lemak dan Gula

Junk food

Photo :
10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Umumnya junk food mengandung lemak jenuh, gula, dan garam yang tinggi. Ini adalah alasan mengapa makanan ini dapat mengarah pada masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan tekanan darah tinggi jika dikonsumsi secara berlebihan.

2. Kandungan Kalori yang Tinggi

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Ilustrasi makanan cepat saji

Photo :
  • Pixabay

Makanan junk food sering mengandung banyak kalori dalam porsi kecil. Ini membuatnya mudah untuk mengonsumsi terlalu banyak kalori dalam satu waktu, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

3. Efek Buruk bagi Kesehatan Jantung

Ilustrasi serangan jantung.

Photo :
  • pixabay/geralt

Konsumsi berlebihan makanan junk food telah terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Diet yang tinggi lemak jenuh dan gula dapat menyebabkan penumpukan plak dalam arteri, meningkatkan risiko serangan jantung.

4. Mengandung Bahan Kimia Tertentu

Junk food sering mengandung bahan tambahan dan pengawet kimia untuk meningkatkan rasa dan daya tahan. Meskipun dianggap aman dalam jumlah kecil, penggunaan jangka panjang dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan.

5. Efek Negatif pada Kesehatan Mental

Ilustrasi depresi/stres.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Selain berdampak pada kesehatan fisik, konsumsi berlebihan junk food juga dapat mempengaruhi kesehatan mental. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pola makan yang buruk dapat meningkatkan risiko depresi dan kecemasan.

6. Efek Ketagihan

Ilustrasi makan/burger/junk food.

Photo :
  • Freepik/freepik

Makanan junk food sering kali mengandung kombinasi gula, lemak, dan garam yang menciptakan rasa yang sangat nikmat. Ini dapat membuat seseorang yang mengkonsumsinya sulit untuk menghentikan konsumsi dan menyebabkan kecanduan dari makanan tersebut.

7. Tidak Ada Nutrisi yang Signifikan

Ilustrasi nugget ayam

Photo :
  • Pixabay

Salah satu fakta paling mencolok tentang junk food adalah bahwa mereka umumnya rendah dalam nutrisi. Makanan ini cenderung tidak mengandung vitamin, mineral, atau serat yang penting untuk kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya