5 Bahaya Menggunakan Plester Mulut saat Tidur

Plester Mulut
Sumber :
  • Freepik/KamranAydinov

Jakarta – Tidur yang nyenyak dan berkualitas adalah penting bagi kesejahteraan kita, tetapi beberapa orang mungkin mencari solusi eksternal untuk mengatasi masalah tidur, seperti mulut yang terbuka atau mendengkur. Salah satu metode yang mungkin kamu temui adalah penggunaan plester mulut atau alat penutup mulut. 

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Namun, sebelum kamu memutuskan untuk mencoba metode ini, penting untuk memahami potensi bahaya menggunakan plester mulut Pada kali ini, kita akan dibahas beberapa risiko yang terkait dengan memasang plester mulut saat tidur. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Risiko Tersedak

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

ilustrasi muntah, tersedak

Photo :
  • Pixabay/ Un-Perfekt

Salah satu bahaya utama penggunaan plester mulut adalah risiko tersedak. Jika plester tidak terpasang dengan benar atau terlepas saat kamu tidur, potongan kecil plester dapat masuk ke dalam tenggorokan yang bisa menyebabkan tersedak atau bahkan sumbatan yang lebih serius. Hal ini dapat mengganggu tidur kamu dan bahkan berpotensi berakhir dalam situasi medis yang darurat.

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

2. Ketergantungan

Ilustrasi plester

Photo :
  • Pixabay/pexels

Menggunakan plester mulut secara teratur dapat menyebabkan ketergantungan pada alat tersebut. Ini berarti tubuh kamu mungkin tidak dapat tidur dengan nyaman tanpa plester tersebut. Ketergantungan ini dapat mengganggu tidurmu jika kamu lupa atau kehabisan plester.

3. Potensi Infeksi dan Iritasi Kulit

Plester Mulut

Photo :
  • Freepik/KamranAydinov

Penggunaan plester mulut dalam jangka panjang dapat mengakibatkan iritasi atau infeksi pada kulit di sekitar mulut. Adhesif yang digunakan pada plester tersebut dapat menyebabkan masalah kulit, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif.

4. Tidak Mengatasi Penyebab Sebenarnya

Plester mulut umumnya dirancang untuk mengatasi gejala seperti mendengkur atau mulut terbuka selama tidur. Namun, mereka tidak mengatasi akar penyebab masalah tidur tersebut. Jika masalah tidurmu disebabkan oleh gangguan pernapasan, seperti sleep apnea, plester mulut mungkin tidak akan efektif dan sebaiknya kamu berkonsultasi dengan profesional medis.

5. Potensi untuk Menutupi Gejala Serius

Ilustrasi menguap, mengantuk, bangun tidur

Photo :
  • Pixabay/ victoria_borodinova

Terakhir, penggunaan plester mulut dapat memengaruhi kemampuan kamu untuk mendeteksi gejala serius yang mungkin terjadi selama tidur, seperti sleep apnea atau mengamuk saat tidur. Ini karena plester mungkin membuat kamu merasa tidur lebih nyenyak, meskipun sebenarnya ada masalah yang perlu ditangani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya