Bukan Air Kemasan, Konsumsi Daging Merah Perbesar Risiko Terkena Kanker Prostat

Kanker Prostat
Sumber :
  • times of india

SEMARANG – Penyebab pasti terjadinya kanker prostat hingga kini masih belum diketahui secara pasti. Yang baru diketahui itu adalah faktor risiko yang bisa meningkatkan terjadinya kanker prostat. Karena itu informasi  terkait isu yang menyatakan bahwa air galon guna ulang itu bisa menyebabkan penyakit kanker prostat sangat diragukan. 

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Hal itu disampaikan dr. Muhammad Royanul Firdaus, Sp.U, Dokter Spesialis Urologi yang berpraktik di RSUD Tugurejo Semarang, rumah sakit Hermina Pandanaran Semarang dan rumah sakit Islam Muhammadiyah Kendal. Scroll untuk informasi selengkapnya.

“Risiko kanker prostat ini terutama terjadi pada orang-orang berkulit hitam yang memiliki pola makan daging merah. Itu hanya faktor risikonya saja, sedang sampai sekarang untuk penyebab langsungnya belum diketahui,” ujar dr Muhammad dalam keterangannya, dikutip Jumat 22 September 2023. 

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Menurutnya, berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat ditemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak daging merah, risiko terjadinya kanker prostat itu lebih besar.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

“Dari data statistik terlihat, ternyata penderita kanker prostat itu cukup tinggi pada pria kulit hitam karena suka makan daging merah. Begitu juga orang-orang Jepang yang pindah ke Amerika, itu faktor risikonya untuk mengalami kanker prostat juga cukup tinggi karena suka makan daging merah,” tukasnya. 

Untuk gejala-gejala kanker prostat itu sendiri, menurut dr. Royanul, juga sangat bervariasi, mulai dari tanpa gejala sampai dengan gejala keluhan susah buang air kecil. Dia menuturkan untuk yang tanpa gejala, kemungkinan bisa terjadi untuk orang yang sudah usia lanjut yang kondisinya tiba-tiba tidak bisa jalan.

“Kondisinya tiba-tiba melemah dan dalam kondisi kesadaran menurun. Ternyata ada tulang yang tahu-tahu patah sendiri,” katanya.

Jadi, untuk mendiagnosa seseorang itu mengalami kanker prostat atau bukan, itu biasanya dibaca dari faktor-faktor risikonya.

“Tapi, belum ada satu penelitian pun yang menemukan penyebab langsung dari kanker prostat ini,” ungkapnya.

Ilustrasi galon.

Photo :
  • Pixabay

Karenanya, dia juga membantah isu-isu yang menyatakan bahwa air galon guna ulang itu bisa menyebabkan penyakit kanker prostat.

“Sebab, hingga kini penyebab pastinya masih belum diketahui,” tukasnya. 

Untuk pengobatan kanker prostat juga disesuaikan dengan tingkat keparahan kanker dan kondisi pasien secara keseluruhan. Menurut dr. Royanul, metode pengobatan yang dapat dilakukan terhadap penderita kanker prostat ini adalah operasi, radioterapi, terapi hormon, kemoterapi, dan krioterapi.

“Karena penyebabnya yang belum diketahui, maka cara untuk mencegah kanker prostat ini juga ada hingga saat ini. Namun, risiko terkena kanker ini dapat dikurangi dengan menjalani pola makan sehat, tidak merokok, membatasi konsumsi minuman beralkohol, dan berolahraga rutin,” kata dr. Royanul.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat menyebut salah satu gejala kanker prostat adalah susah buang air kecil. Sementara, Layanan National Health Services (NHS) di Inggris memperingatkan bahwa kanker prostat biasanya berkembang perlahan-lahan. Hal itu memungkinkan pasien tak menyadari gejalanya selama bertahun-tahun.

Sebelumnya, Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI), Prof DR dr Aru Wisaksono Sudoyo SpPD-KHOM FINASIM FACP juga mengatakan bahwa hingga saat ini bahan BPA yang terdapat dalam kemasan plastik Polikarbonat tidak terbukti menyebabkan kanker.

Ilustrasi sel kanker.

Photo :
  • Freepik

Oleh sebab itu, Aru meminta agar masyarakat tidak perlu panik dan takut untuk mengonsumsi AMDK galon. Kementerian Kesehatan RI malah menyarankan agar masyarakat mengonsumsi air putih sekitar 8 gelas atau hampir setara dengan dua liter per hari. Dan, air minum dalam galon guna ulang menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya.

Karenanya, Aru pun menekankan agar masyarakat tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi AMDK galon guna ulang.

"Saya harap tidak perlu khawatir, karena BPA yang ada di air kemasan itu buktinya masih sangat lemah untuk bisa menyebabkan kanker. Jadi, masyarakat belum perlu khawatir atau tidak perlu khawatir saat ini," kata Aru.

Malah Aru bilang salah satu kiat untuk mencegah kanker adalah dengan rutin minum air putih yang cukup. Aru juga meminta agar masyarakat rajin menerapkan gaya hidup sehat, seperti berolahraga dan menyantap makanan bergizi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya