Mengenal Wasir Internal, Gejala dan Penyebab yang Harus Diwaspadai

Ilustrasi gaya hidup sedentari/sakit pinggang/wasir.
Sumber :
  • Freepik/yanalya

JAKARTA –  Wasir internal adalah kondisi medis di mana pembuluh darah di dalam rektum atau anus membengkak atau meradang. Wasir internal terjadi ketika pembuluh darah di dalam rektum membengkak dan memperbesar.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Gejala wasir internal meliputi pendarahan saat buang air besar, rasa tidak nyaman di area anus, dan perasaan tidak puas setelah buang air besar. Wasir internal dapat disebabkan oleh faktor internal seperti kehamilan, sembelit kronis, atau faktor eksternal seperti duduk terlalu lama di toilet atau mengangkat beban yang berat. Scroll lebih lanjut.

"Wasir dapat dipicu oleh kebiasaan mengejan terlalu keras saat buang air besar atau duduk terlalu lama, sembelit atau diare yang berkepanjangan, sering mengangkat beban yang terlalu berat, kehamilan atau baru melahirkan, dan obesitas," ujar dr. Alice Sutedjo Lisa, M.K.M selaku Direktur utama RS. Telogorejo dalam keterangannya.

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Benjolan pada wasir mungkin tidak terasa dan tidak terlihat dari luar anus, sehingga jarang menimbulkan keluhan. Wasir internal juga bisa sembuh dengan sendirinya jika termasuk ke dalam jenis wasir ringan yang biasanya baru terdeteksi ketika ada darah keluar dari anus saat BAB. Gejala-gejala ini biasanya baru muncul ketika wasir dalam menjadi semakin besar.

5 Pria Simpan Sabu-sabu 1,2 Kg di Dalam Anus Buat Dibawa dari Kualanamu ke Soekarno-Hatta

“Kalau muncul gejala seperti ini sebaiknya pasien segera konsultasikan ke Vena Wasir Center dengan dokter spesialis bedah kami. Untuk mengatasi masalah tersebut, kami menawarkan metode berteknologi tinggi seperti Laser dan Radiofrekuensi yang dapat menyembuhkan penderita wasir tanpa perlu rawat inap,” ungkap Abdur Rahman, selaku Direktur Bisnis dan Operasional PT Rumah Wasir Andalan

Pengobatan wasir internal dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup, seperti meningkatkan asupan serat dan air, serta menghindari duduk terlalu lama di toilet. Jika gejala wasir internal tidak membaik, dokter dapat merekomendasikan pengobatan medis seperti obat-obatan atau tindakan bedah.

Peresmian Wasir Center di RS Telogorejo

Photo :
  • ist

"Flash Optical Laser ini merupakan tindakan bedah yang tidak melibatkan pemotongan jaringan hemoroid. Prinsipnya, energi laser akan dialirkan untuk mengempiskan hemoroid dengan rasa nyeri minimal, durasi tindakan lebih cepat kurang dari 20 menit dan proses penyembuhan cepat sehingga tidak perlu rawat inap," ujar Ali Maksum

Selain laser, Vena Wasir Center juga memiliki teknologi canggih lainnya, yaitu Radiofrekuensi yang mengatasi wasir hingga tuntas dengan efektivitas terapi mencapai hingga 90% tanpa luka bakar sehingga tidak menimbulkan rasa panas di sekitar anus.

Dengan menggunakan metode terbaru ini, pasien tidak perlu lagi melakukan operasi bedah terbuka maupun konvensional dengan masa penyembuhan yang lebih lama. Metode modern ini lebih minim sayatan, luka sedikit dan bisa langsung beraktivitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya