Kerap Dituding Sumber Kolesterol, Ternyata Ini Manfaat Dahsyat Mengolah Santan

ilustrasi santan.
Sumber :
  • Pixabay/Liza redfern

JAKARTA – Sejumlah asumsi dan mitos mengenai konsumsi santan yang kerap dituding menjadi sumber pemicu kolesterol tentunya sering kita dengar di masyarakat. Berbagai stigma buruk lain pun kerap menyertai hasil bahan olahan dari buah kelapa tersebut.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Padahal, ternyata santan merupakan salah satu produk sehat yang banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Hal tersebut pun diketahui tatkala pakar kesehatan dokter Zaidul Akbar belum lama ini menyampaikannya.

"Santan itu sendiri sehat sebenarnya, asal jangan dipanaskan," ungkap dr Zaidul Akbar, dilansir laman tvOnenews dari YouTube resminya, Rabu 20 September 2023. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Zaidul Akbar

Photo :
  • Tangkapan layar

Menurutnya, yang jadi masalah adalah ketika santan itu dipanaskan. Bahkan mulai dari kelapa parut, hingga produk santan itu mengandung lemak yang bagus untuk kesehatan.

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Dokter Zaidul Akbar menjelaskan bahwa santan peras lebih baik daripada santan instan yang berbentuk kemasan. Santan memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh diantaranya baik untuk jantung dan pencernaan.

"Minum santan itu dia bagus. Tulang Anda akan sehat, jantung Anda akan bagus, pencernaan Anda akan bagus, otaknya juga akan bagus karena lemak pada santan," tutur dr Zaidul Akbar.

Ilustrasi makanan bersantan

Photo :
  • Pixabay

Dokter Zaidul Akbar juga bercerita soal pengalamannya saat ia kecil yang kerap makan kelapa mentah dan beras.

"Yang saya makan itu berasnya dia, berasnya saya makan mentah. Terus kadang-kadang saya cuil, makan kelapa itu," ungkap dr Zaidul Akbar.

Ternyata dua komponen yang baik berasal dari beras dan kelapa sebagai penghasil karbo dan lemak.

"Kalau kita ini bisa kenalkan ke anak-anak kita, camilan-camilan yang sehat, jadi mereka bisa kenal dengan rasa aslinya," papar dr Zaidul Akbar.

Ahli kesehatan herbal sekaligus pendakwah, dr Zaidul Akbar mengungkapkan bahwa kenapa saat ini banyak anak sakit-sakitan, karena yang dimakan adalah sampah semua.

Hal ini bersumber dari makanan ringan seperti snack yang mereka konsumsi saat jajan. Padahal banyak sumber makanan alami yang memiliki manfaat kesehatan, salah satunya kelapa tua tadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya