5 Kesalahan Umum yang Dapat Membuat Tubuh Semakin Gemuk

Ilustrasi obesitas/kegemukan.
Sumber :
  • Pexels/Andres Ayrton

Jakarta  – Mempertahankan berat badan yang sehat adalah mungkin menjadi keinginan dari banyak orang, tetapi terkadang kesalahan-kesalahan kecil dalam gaya hidup kita dapat membuat tubuh bukannya semakin sehat, tapi malah semakin gemuk tanpa kita sadari. 

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Tubuh yang sehat dengan berat badan ideal dan tidak gemuk mungkin menjadi hal yang diinginkan banyak orang. Maka dari itu, banyak yang menjaga pola dan gaya hidup mereka. Lantas, apa saja kesalahan umum yang dapat mengakibatkan peningkatan berat badan hingga gemuk? Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Mengonsumsi Makanan Cepat Saji Terlalu Sering

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Ilustrasi makan/burger/junk food.

Photo :
  • Freepik/freepik

Makanan cepat saji sering mengandung lemak jenuh, gula tambahan, dan kalori yang tinggi. Mengonsumsinya terlalu sering dapat menyebabkan penimbunan lemak di tubuh. Alih-alih makan makanan cepat saji, cobalah untuk memasak makanan sehat di rumah dan batasi frekuensi makanan junk food

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

2. Tidak Memperhatikan Porsi Makan

Ilustrasi makanan/kuliner halal.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Makan dalam porsi yang besar secara berlebihan dapat mengakibatkan asupan kalori yang berlebihan. Hindari kebiasaan makan berlebihan dengan memperhatikan porsi makan kamu dan menggunakan piring yang lebih kecil untuk lebih mambantu. 

3. Kurang Tidur

Ilustrasi Tidur

Photo :
  • Unsplash

Kurang tidur dapat mengganggu keseimbangan hormon yang mengatur nafsu makan. Ini bisa membuat kammu merasa lebih lapar dan cenderung makan lebih banyak. Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malam.

4. Minum Minuman Bersoda dan Gula Berlebihan

Ilustrasi minuman ringan atau minuman bersoda.

Photo :
  • Pixabay/ PDPics

Minuman bersoda dan minuman yang mengandung gula tambahan memiliki kalori kosong yang dapat mengakibatkan peningkatan berat badan. Cobalah untuk mengganti minuman ini dengan air putih atau minuman rendah kalori.

5. Tidak Aktif Secara Fisik

Ilustrasi malas

Photo :
  • Pixabay

Kurangnya aktivitas fisik dapat mengakibatkan penumpukan lemak di tubuh. Pastikan untuk menyertakan latihan fisik dalam rutinitas harianmu, bahkan jika itu hanya berjalan cepat atau bersepeda selama 30 menit setiap hari.

Menghindari kesalahan-kesalahan ini dan menjalani gaya hidup yang sehat dapat membantu kamu menjaga berat badan yang ideal. Ingatlah bahwa perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari dapat memiliki dampak besar pada kesehatan dalam jangka panjang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya