Telat Sahur, Ini Rekomendasi Menu Praktis dan Bergizi

Ilustrasi memasak dengan buah stroberi
Sumber :
  • Pixabay/condesign

VIVA.co.id – Bagi sebagian orang, pasti pernah merasakan bangun terlambat saat sahur, di mana sudah mendekati waktu subuh. Hal ini, tentu memberikan rasa panik dan akhirnya kebingungan dalam memilih jenis makanan tepat.

Menu Sahur dan Buka Puasa Sehat Pasien Diabetes

Salah satu pilihan jenis makanan sehat saat sahur, yaitu granola. Jenis makanan tersebut, termasuk dalam serat tinggi. Lebih lengkap lagi, saat ditambahkan dengan susu sebagai sumber protein.

"Kalau suka granola, boleh saja buat sahur, karena cukup praktis. Tambah susu sebagai sumber protein dan energi dari buah seperti plum atau berry," ujar Konsultan gizi, Seala Septiani S.Gz, M.Gizi, beberapa waktu lalu.

Menu Buka Puasa dan Sahur untuk Diet Serta Kalori Aman

Namun, Seala tidak merekomendasikan konsumsi buah rambutan sebagai topping dari menu sahur ini. Sebab, rasa manis dari buah rambutan, ditakutkan memberi rasa gatal pada tenggorokan.

"Bisa juga memilih menu sahur dengan roti, susu dan buah. Menu ini juga praktis untuk sahur. Tapi, buah rambutan sebaiknya dihindari saat sahur karena rasa manisnya bisa tertinggal di tenggorokan," kata dia.

Menu Sedap Buka Puasa, Pindang Tempoyak Khas Palembang

Selama menu praktis ini cocok dengan lidah individunya sendiri, lanjutnya, konsumsi serat tinggi, protein dan mineral, dapat tercukupi saat sahur. Terlebih, menu ini terbilang praktis, saat terlambat bangun sahur.

"Saat sahur itu, sebenarnya porsi tidak perlu terlalu banyak. Kuncinya, yaitu ada karbohidrat, protein yang mencakup lemak, serta buah, atau sayur," kata dia.

Resep Menu Sahur Sayur Sop

Resep Sayur Sop yang Sederhana dan Bernutrisi Untuk Menu Sahur

Banyak keluarga di Indonesia memilih resep sayur sop sebagai hidangan berkuah favorit mereka karena proses pemasakan yang simpel atau sederhana.

img_title
VIVA.co.id
16 Maret 2024