5 Makanan Indonesia yang Terkenal di Dunia

rendang
Sumber :
  • NCC by kitchen craft

VIVA.co.id – Sebagai warga negara Indonesia, kita sepatutnya berbangga bahwa negara ini diberi kekayaan yang berlimpah. Entah itu kekayaan sumber daya alam atau kearifan budaya lokal. 

4 Filosofi Pempek yang Jarang Diketahui, Ternyata Memiliki Makna

Tak hanya aneka budaya Nusantara yang dikenal baik di mata Internasional. Kuliner sebagai produk budaya Indonesia, tak sedikit yang berhasil mengambil hati wisatawan mancanegara. 

Banyak memang, namun VIVA.co.id akan memilih lima makanan yang memang cukup populer di mancanegara. Berikut di antaranya dirangkum dari berbagai sumber.

Resep Ayam Bakar Madu Pedas Manis, Menggugah Selera!

Mi instan

Tak hanya di Indonesia, makanan ini juga menjadi makanan sejuta umat di Nigeria. Barangkali tidak hanya di Nigeria dan Indonesia karena saat ini Anda dapat temukan mi instan goreng di situs jual beli Amazon. Mi ini dijual dengan harga US$16,28 atau Rp213 ribu/pak (isi 30 bungkus).

Viral Indo Java, Warung di New York Jual Masakan dan Jajanan Indonesia

Lezatnya tidak hanya diakui oleh banyak penduduk Tanah Air, tetapi mereka yang juga memesan dari situs tersebut. Tidak sedikit yang juga ketagihan mencicipi mi ini. Tak heran produk ini mendapat rating 4.6/5 bintang.  
 
Gado-gado

Gado-gado

Salad ala Indonesia ini juga tak kalah terkenalnya dengan mie goreng. Beberapa restoran di luar negeri pun turut menjual makanan khas Indonesia ini. Buhler and Co misalnya, mereka memasukkan gado-gado sebagai menu vegetarian di restoran mereka. Sebuah guest house di Birmingham Inggris pun demikian. Menjual gado-gado di tempat mereka dengan harga 5.56 poundsterling atau Rp97 ribu.

Sate

Hidangan ini termasuk yang cukup populer bagi para bule. Misalnya, mengutip laman The Jakarta Post, sate termasuk makanan yang paling laku dalam Indonesia Festival 2017 yang dihelat di Moskow, Rusia, pada 4-6 Agustus 2017 lalu. 

Salah satu sate yang cukup populer selain sate ayam adalah sate maranggi. Sate ini termasuk dalam jajaran makanan populer dalam World Street Food Festival 2016 dilansir oleh CNN

Nasi goreng

Nasi goreng.

Seperti kita ketahui nasi goreng memang digemari oleh seluruh orang yang mencicipinya. Tak heran makanan ini menduduki peringkat dua sebagai makanan terbaik 2017 versi CNN. Nasi goreng berhasil mengalahkan sejumlah makanan populer lain seperti kebab Turki dan ramen asal Jepang.

Rendang

Berdekatan dengan nasi goreng, kuliner khas Ranah Minang ini menduduki peringkat pertama sebagai makanan terbaik 2017 versi CNN. Olahan daging dan santan ini juga menyabet gelar sebagai Makanan Paling Enak di dunia. Membanggakan, bukan? (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya