Mencuci Daging Kambing Bikin Bau Prengus, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi daging.
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

VIVA.co.id – Banyak yang beranggapan bahwa mencuci daging kambing justru akan menimbulkan bau khas kambing atau bau prengus semakin tercium. Itulah mengapa banyak orang yang memilih untuk tidak mencuci daging tersebut sama sekali. Namun, ternyata tidak semua mengamini anggapan tersebut.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Indra, pemilik Rumah Makan Nasi Ulam Ibu Yoyo, yang menyajikan menu olahan kambing di kedainya mengatakan bahwa daging kambing boleh dicuci atau terkena air. Tetapi mencucinya harus dalam air mengalir dan benar-benar dipastikan daging bersih dari kotoran yang menempel.

"Kalau mencucinya benar, tidak akan bau. Cucinya di bawah air mengalir," kata dia kepada VIVA.co.id belum lama ini.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Kata dia, merendam bukan cara yang tepat untuk mencuci daging kambing karena kotoran pada permukaan daging tidak hilang. Setelah dicuci langsung tiriskan dan rebus agar tidak alot.

"Cucinya jangan direndam, saya langsung rebus setelah dicuci," ujar dia.

Resep Krengseng Kambing, Menu Istimewa Idul Adha

Nah, mulai sekarang tak perlu khawatir bau prengus muncul jika daging kambing terkena air karena ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar.

Bawang Putih

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Food preparation atau menyiapkan bahan makanan menjadi jalan keluar yang paling pas. Terutama untuk bumbu-bumbu dapur seperti bawang yang menjadi bumbu dasar masakan

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024