Biar Pas Matangnya, Begini Tips Pintar Masak Ayam Bakar

Hidangan ayam bakar
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Membuat hidangan ayam bakar, sepertinya mudah. Tinggal dilumuri bumbu, didiamkan di atas api beberapa menit, angkat, siap. Tapi nyatanya, tak sedikit orang yang gagal saat memasak ayam bakar. Misalnya, ayam bakar hasil olahannya masih mentah di dalam, atau terlalu matang sampai gosong.

Resep Ayam Bakar untuk Malam Tahun Baru, Ada yang Manis dan Gurih

Tapi tidak perlu khawatir, Chef William Gozali, memberikan sedikit tips agar ayam bakar mempunyai tingkat kematangan yang sempurna. Bagaimana caranya?

"Ada dua cara, cara paling bodohnya adalah dengan menggunakan pisau kita potong, apakah daging yang kita potong masih ada juice-nya atau enggak," ungkap William saat ditemui di acara Perasan Pertama dari Kecap ABC, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Desember 2017

Kuliner Nusantara Hadir di G20, Para Delegasi Makan Lahap Banget!

Dia mengatakan, bahwa jika ayam bakar masih terlihat mengeluarkan juice atau cairan berarti ayam tersebut masih kurang matang. Cara kedua ialah dengan menggunakan termometer khusus memasak.

"Kita colok termometer daging, kalau suhunya sudah mencapai 68 derajat celsius berarti sudah matang, kalau masih kurang dari 68 derajat berarti belum matang, yang tidak layak untuk dihidangkan karena masih banyak bakterinya. Dan berbahaya kalau enggak matang," kata dia.

Resep Ayam Bakar, Dijamin Bikin Nafsu Makan

Sedangkan untuk waktu memasaknya, sangat relatif. Tergantung dari besar dan ukuran daging ayam tersebut.

"Kalau saya masak paha saya ga pernah ngukur waktu masak, kalau dada 30 sampai 45 menit. Kalau paha ini dimasak lama, dia ga akan kering karena mengandung lemak di dalamnya. Beda dengan dada, kalau dada akan lebih kering jika dimasak terlalu lama. Jadi saya menggunakan paha lebih aman, tapi untuk dada sekitar 30 menit," kata William.

Persiapan Puasa, Contek Resep Ayam Bakar Bumbu Gulai Kecombrang ala Chef Devina Hermawan

Untuk mengawali menu buka puasa Ramadhan 1445H bisa nih ikuti resep menu Ayam Bakar Bumbu Gulai Kecombrang ala Chef Devina Hermawan.

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2024