Pangek Masin Ikan Khas Minangbakau, Nikmat dan Mudah Dibuat

Pangek Masin Ikan.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah (Padang)

VIVA – Selain rendang, baluik goreng dan sejumlah kuliner lainnya, di Sumatera Barat juga terkenal dengan kuliuner khas yang diberi nama pangek masin ikan. Dari namanya saja Anda sudah pasti bisa menebak bahwa kuliner sang pembangkit selera makan ini berbahan dasar ikan.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Pangek masin ikan sendiri dapat dijumpai hampir di seluruh rumah makan yang ada di Sumatera Barat. Di samping cita rasanya yang menggugah selera, tentu saja mengonsumsi ikan sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Agar pangek masin ikan ini pas di lidah, tentu saja tidak sembarangan ikan yang bisa diolah. Ikan yang lezat diolah menjadi hidangan berbumbu berwarna kuning ini adalah jenis ikan mas, patin, sisik, tuna, kakap dan kerapu atau ikan karang lainnya.

7 Resep Olahan Ikan Ala Rumahan, Bisa Bantu Tingkatkan Imunitas

Tekstur daging ikan yang lembut dicampur dengan bumbu-bumbu rempah dibalut dengan kuah kental, dan memiliki rasa asam, pedas dan gurih sudah pasti akan terasa nikmati di lidah.

Bagi yang penasaran dan ingin mencoba memasaknya di rumah, cukup siapkan sejumlah bahan dasar berupa ikan, tahu putih, daun ruku-ruku, daun kunyit ukuran sedang, serai, lengkuas, asam kandis, cabe rawit, santan kental dan encer, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, garam dan penyedap rasa lainnya.

16 Tahun Indonesian Chef Association, Chef Expo Sukses Digelar

Untuk tahap awal pengolahan, ikan yang dipilih sesuai selera dibersihkan dan dicuci, lalu kemudian dipotong ukuran sedang. Selanjutnya, haluskan seluruh bumbu yang sudah disiapkan. Setelah itu, panaskan santan encer bersama dengan bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya. Jangan lupa tambahkan juga dengan daun kunyit, daun ruku-ruku, serai, dan lengkuas. Tunggu sampai santan encer mendidih dengan tetap diaduk agar santan tidak pecah.

Setelah santan encer mendidih, lalu masukkan ikan, tahu, dan cabe rawit. Tunggu sampai kembali mendidih. Saat diaduk Anda harus hati-hati agar ikan dan tahu tidak hancur. Setelah mendidih, kemudian masukkan santan kental dan asam kandis. Aduk-aduk kembali sampai mendidih sampai santan berminyak. Tambahkan juga garam dan lada.

Nasi Gudeg

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Kuliner Nusantara adalah cerminan dari kekayaan budaya dan keanekaragaman alam Nusantara. Setiap daerah memiliki karakteristik kuliner yang unik.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023