7 Kunci Utama Ajari Si Kecil Bahasa Inggris

Ilustrasi belajar bahasa Inggris
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Tak mudah untuk mengajari si kecil berbahasa dengan tepat, terlebih untuk berbahasa Inggris. Ada tujuh kunci utama yang sebaiknya diajarkan pada anak agar bisa lancar berbahasa inggris.

Bapak-bapak Ajarkan Bahasa Inggris dengan Metode Kaca Spion

Anak-anak sebenarnya memiliki potensi belajar dengan sangat mudah dibanding orang dewasa. Apalagi, anak akan sangat lancar berbahasa jika para ibu dan guru memahami kunci utamanya.

Berikut tujuh kunci utama agar anak bisa dengan mudah berbahasa Inggris, dirangkum dari Managing Director KC English, Victoria Tio, B.A. MSc., ditemui di kawasan Pluit, Jakarta, Jumat 23 Februari 2018.

Yuk Moms, Latih Si Kecil Fasih Bahasa Inggris Pakai Trik Ini

1. Artikulasi

Para ibu dan guru harus memberikan artikulasi yang jelas pada anak. Artikulasi sendiri berarti penyebutan yang jelas pada suatu kata, sehingga anak bisa dengan mudah mengulangi pengucapkannya.

Gak Cuma Berprestasi, Ini 3 Manfaat Anak Belajar Bahasa Asing

2. Bersuara keras

Di sini bukan berarti harus berteriak, melainkan para ibu dan guru yang aktif sebagai penyemangat dan inspirator. "Sehingga anak juga ikut merasa didukung untuk melafalkan kata yang tepat," ujar Victoria, saat pembukaan cabang baru KC English di Pluit, Jakarta.

3. Kelancaran berbicara

Tentunya guru harus memiliki keahlian yang lancar dalam berbagai kata dalam bahasa inggris. Sebab, anak akan lebih mudah diajari jika yang mengajari sudah terlebih dahulu lancar dalam pengucapan tiap katanya.

4. Kontak mata

Saat mengajari anak dibutuhkan kontak mata, agar anak mau mengikuti arahan dari Anda. Pada bahasa Inggris, anak juga membutuhkan adanya kontak mata agar mempermudahnya dalam memahami setiap kata dan arti yang diajari.

5. Grammar atau tata bahasa

Hal ini tentu menjadi salah satu yang penting untuk membuat anak berbahasa Inggris yang baik. Namun, bagian grammar harus sudah dilengkapi dengan ragam kata dan arti yang sudah dikuasai anak.

6. Gestur

Mendemonstrasikan cara untuk menghafal melalui gerakan memungkinkan anak untuk lebih mudah memahaminya. Tak hanya itu, anak juga lebih jarang bosan saat diberikan teknik belajar melalui gerakan yang aktif.

7. Visual

Untuk menumbuhkan kesukaan anak pada bahasa Inggris, sebaiknya dimulai dengan pemaparan gambar yang menarik. Dari situ, anak diharapkan bisa lebih mudah mengingat tiap kata beserta artinya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya