7 Manfaat Ajaib Buah Naga untuk Kesehatan Anak

Buah naga.
Sumber :
  • Pixabay/Febee

VIVA – Buah naga menawarkan manfaat melimpah untuk kesehatan tubuh anak. Selain kaya vitamin A dan C, buah naga juga mengandung antioksidan yang berfungsi membangun kekebalan tubuh.

7 Manfaat Buah Naga Merah yang Kaya Akan Nutrisi untuk Tubuh

Menurut laman Health Benefit Baby, tidak ada risiko alergi saat mengonsumsi buah naga. Bahkan buah yang memiliki daging berwarna putih dan merah itu bisa jadi alternatif makanan berserat tinggi yang rendah kolesterol dan sodium.

Buah ini dapat dikenalkan pada anak sejak usia 6 bulan, sebagai makanan pendamping ASI (MPASI). Untuk mengetahui manfaat lain buah naga, berikut ini ulasannya:

10 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Mampu Melawan Covid-19?

1. Antioksidan
Buah naga mengandung antioksidan tingkat tinggi yang dikenal sebagai fenol, yang melindungi membran sel anak dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Menguatkan tulang
Buah naga kaya akan mineral seperti potasium. Kalium bersama dengan senyawa fenolik dan flavonoid lainnya membantu anak untuk tumbuh dengan tulang yang kuat. Senyawa ini juga melindungi anak dari penyakit arthritis ketika dewasa.

Bikin Teh dari Buah Naga, Mahasiswa Universitas Brawijaya Raih Medali

3. Kaya vitamin C
Vitamin C diperlukan tubuh untuk menunjang perkembangan otot, serta pertumbuhan tulang dan gigi. Vitamin C juga bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Serat tinggi
Kandungan serat dalam buah naga sangat tinggi. Ini membantu anak agar memiliki sistem pencernaan yang sangat sehat. Serat juga membantu menstabilkan kandungan gula darah.

5. Menyembuhkan konstipasi (sembelit)
Banyak makanan manis yang sering menyebabkan sembelit dan gas pada pencernaan anak. Tingginya jumlah serat yang ada pada buah naga membantu anak mencerna makanan dengan benar, dengan membantu mengatur pergerakan usus. Jika anak mengalami susah BAB, memberinya buah naga adalah ide yang tepat.

6. Kaya vitamin A
Buah naga merupakan sumber vitamin A, yang sangat membantu kulit dan mata anak tetap sehat. Vitamin A juga membantu melawan segala jenis infeksi yang menyerang tubuh.

7. Memperkuat Rambut
Buah naga merupakan sumber zat besi yang fantastis. Selain meningkatkan pembentukan sel darah merah, zat besi juga memperkuat dan menutrisi rambut.

Catatan penting untuk Anda, meski tak ditemukan reaksi alergi pada anak yang mengonsumsi buah naga, pastikan anak tak memiliki riwayat alergi pada buah yang terasa asam. Selain itu, sebelum memberi buah naga pada anak, ia harus sudah dikenalkan dengan makanan padat lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya