10 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Mampu Melawan Covid-19?

Buah naga.
Sumber :
  • Pixabay/Febee

VIVA – Bukan hanya memiliki rasa yang lezat, manfaat buah naga untuk kesehatan pun sangat banyak. Selain bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, kandungan yang terdapat dalam buah pitahaya ini juga dianggap bisa mencegah berbagai penyakit. Buah naga adalah salah satu buah yang sangat umum di Indonesia, karena buah ini hanya bisa tumbuh di daerah tropis atau subtropis, seperti Amerika Selatan dan Asia. Seperti namanya, buah yang satu ini mempunyai bentuk kulit yang mirip seperti sisik naga, hewan mitos legendaris China. 

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Bentuk tanaman ini juga sangat unik lantaran mempunyai batang yang mirip seperti kaktus besar. Walaupun tampak unik, rupayanya buah naga memiliki segudang manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Buah yang satu ini sangat kaya akan kandungan gizi sehingga akan membantu untuk memenuhi kebutuhan gizi harian. Buah naga mempunyai berbagai jenis varietas yang ditandai dengan warna kulit dan daging buahnya. Sementara di Indonesia hanya ditemukan dua jenis, yaitu buah naga merah dan putih. Menyadur dari berbagai sumber, berikut manfaat buah naga untuk kesehatan. 

1. Mengurangi Risiko Penyakit

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Buah Naga

Photo :
  • U-Report

Buah naga mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis. Kandungan tersebut bekerja dengan cara menetralkan radikal bebas sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Sebuah penelitian di British Journal of Pharmacology mengatakan bahwa mengonsumsi buah naga akan mencegah penyakit kronis, seperti kanker, jantung, diabetes, dan lain sebagainya. 

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

2. Melancarkan Pencernaan

Ilustrasi masalah pencernaan saat ramadan.

Photo :
  • U-Report

Manfaat buah naga berikutnya adalah meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus kamu. Menyadur dari Food Chemistry, prebiotik merupakan serat tanaman yang mendorong untuk pertumbuhan bakteri sehat di lambung. Mengonsumsi buah ini secara teratur juga akan mengurangi risiko terinfeksi saluran pencernaan dan diare serta mengalahkan bakteri jahat. 

3. Meningkatkan Imun Tubuh

Sistem imun tubuh.

Photo :
  • U-Report

Buah naga mengandung vitamin C yang tinggi sehingga memiliki manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Buah naga juga membantu untuk memerangi batuk atau asma. Kandungan tersebut juga akan bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. 

4. Menjaga Kulit Tetap Kencang

Kulit sehat dan kencang.

Photo :
  • U-Report

Buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik lantaran tingginya kandungan vitamin C dan juga beberapa senyawa bioaktif yang lainnya. Sementara itu, antioksidan juga sangat penting guna menjaga kulit tetap kencang dan juga elastis, sehingga akan membantu untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini. 

5. Menurunkan Berat Badan

Tips menaikkan berat badan

Photo :
  • Times of India

Untuk kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan, mengonsumsi buah naga adalah salah satu solusinya. Manfaat buah naga yang satu ini karena memiliki banyak serat dan rendah kalori sehingga aman untuk yang tengah dalam program penurunan berat badan. Dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan rendah kalori. Kamu akan merasakan kenyang yang lebih lama.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Melompat baik untuk kesehatan tulang.

Photo :
  • U-Report

Buah naga mengandung banyak sekali mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang kamu. Mineral tersebut antara lain magnesium, kalsium, dan fosfor. Menurut Food Revolution Network, satu cangkir potongan buah naga mengandung sekitar 80 mg magnesium, yaitu seperempat dari rekomendasi harian minuman. 

7. Mengurangi Jerawat

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.

Photo :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

Selain itu, manfaat buah naga berikutnya adalah untuk mengurangi jerawat. Kamu bisa mengoleskan pasta buah naga pada area kulit wajah yang kemerahan, lakukan hal ini selama dua kali sehari. Manfaat yang akan kamu dapatkan lantaran kandungan vitamin C dalam buah ini. 

8. Meredakan Nyeri Pada Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Wajah bagian kiri terlihat lebih keriput karena terkena sinar matahari

Photo :
  • Independent

Bukan hanya untuk jerawat, pasta buah naga juga bermanfaat untuk meredakan nyeri pada bagian kulit yang terbakar sinar matahari. Akan tetapi, kamu biasanya harus mencampur jus mentimun dan madu bersama dengan pasta buah naga untuk mendapatkan khasiat yang tepat. 

Adapun manfaat buah naga ini dapat diperoleh lantaran memiliki kandungan B3 yang akan membantu untuk melembapkan kulit. Kandungan tersebut juga akan membantu untuk melepaskan panas dari area kulit yang terkena sengatan matahari. 

9. Melindungi Rambut dari Kerusakan

Rambut rusak.

Photo :
  • U-Report

Untuk kamu yang memakai pewarna rambut, jus buah naga juga dapat membantu untuk merawat rambut kamu. Kamu hanya perlu mengoleskan jus buah naga atau kondisioner yang mengandung ekstrak buah naga dalam kulit kepala. Dengan cara tersebut, folikel rambut akan tetap terbuka, sehingga memungkinkan rambut kamu untuk bisa bernapas dan tetap sehat. 

10. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil

Photo :
  • pixabay

Ibu hamil tentunya memerlukan banyak nutrisi, mulai dari zat besi, vitamin C, vitamin B, dan kalsium yang ada di dalam buah naga. Misalnya, zat besi yang terdapat di dalam buah naga akan membantu sel darah merah dalam mengantarkan oksigen menuju janin. 

Sementara vitamin C dan juga kalsium akan memperkuat gigi dan tulang, serta vitamin B akan mencegah janin cacat lahir. Selain itu, serat yang terdapat dalam buah naga juga akan membantu untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya