Buah Naga Mampu Turunkan Kadar Kolesterol Tubuh?

Buah naga Jember
Sumber :
  • VIVA.co.id/Al Amin

VIVA – Buah naga sering ditemukan melimpah dijajakan hampir di setiap sudut jalan. Buah merah dengan bintik-bintik hitam ini selain segar dimakan langsung, biasanya juga diolah menjadi jus, puding atau bahkan kue.

Cerita Edy Lusi Ubah Satu Daerah di Banyuwangi Jadi Desa Buah Naga

Buah naga dipercaya memiliki manfaat baik bagi tubuh. Tak heran beberapa selebriti seperti Barbie Hsu sampai Ayu Ting-ting juga dikabarkan gemar menambahkan buah naga dalam menu dietnya.
 
Buah naga juga memiliki banyak jenis dan warna. Ada buah naga berwarna merah dengan daging buah berwarna merah, lalu berkulit kuning dan berdaging buah putih, juga buah naga berkulit merah dengan daging buah berwarna putih. Meskipun berbeda warna ternyata buah yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki kadar nutrisi yang sama.

Sepsialis gizi klinik dr Marya W Haryono, Mgizi, SpGK mengungkapkan bahwa buah naga memiliki sumber energi fruktosa atau gula buah, mineral, vitamin C dan B1 yang membantu proses metabolisme. Selain itu, buah naga juga memiliki kadar kalsium, 3 kali lebih tinggi dari wortel. Lebih lanjut, Marya menyampaikan soal mitos dan fakta seputar buah naga.
 
1. Buah naga bisa turunkan koleterol

6 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh, Keajaiban yang Menyegarkan

"Fakta. Di dalam buah naga, sudah komplit terkanduing vitamin sekaligus serat tinggi. Seperti yang kita ketahui, serat itu baik bagi tubuh dan bisa menyerap kolesterol dalam tubuh," ujar Marya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT tvOne Jumat 23 Februari 2018.
 
2. Buah naga baik untuk pencernaan
 
"Fakta, lagi-lagi serat dalam buah naga itu membantu massa feses sehingga memperlancar buang air besar. Selain itu ada oligisakarida yang termasuk komponen karbo sebagai makanan bagi bakteri baik usus." 
 
3. Buah naga untuk kesehatan kulit

"Fakta. Buah ini memiliki antioksidan tinggi dan vitamin C yang dibutuhkan kulit," ujarnya.
 
4. Mencegah kanker

15 Manfaat Buah Naga, Cocok Bagi Kamu yang Sedang Hamil

"Betul itu fakta. Sebetulnya setiap buah dan sayur itu punya antioksidan yang mencegah kanker. Menangkal radikal bebas termasuk di dalamnya mengurnagi risiko kanker.
 
5. Efek samping konsumsi buah naga?
 
 Yang berlebih selalu ada yang buruk. kalau buah naga merah pigmen warna merah betalise. 
 
6. Cegah diabetes
 

"Iya, fakta. Tapi bukan untuk mengobati ya, untuk mencegah. Buah naga juga mencegah peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Untuk menu makanan para prediabetes juga bagus."
 
 

Resep Simple Es Buah Naga yang Paling Nikmat Diminum Saat Buka Puasa

Resep Simple Es Buah Naga yang Paling Nikmat Diminum saat Buka Puasa

Saat tiba waktu buka puasa, lebih enak jika menikmati es buah naga sebagai takjil. Es buah naga adalah salah satu pilihan buka puasa yang sangat digemari banyak orang.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024