Dampak Buruk Anak Minum Susu Sebelum Tidur

Ilustrasi anak minum susu
Sumber :
  • Pixabay/Candice_Rose

VIVA – Seringkali masalah gigi dan mulut pada anak disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan sederhana sehari-hari. Salah satu masalah gigi yang paling dominan dialami anak-anak yaitu karies.

Anak Usia 8-11 Tahun Paling Kritis Terhadap Masalah Gigi Permanen, Ini Penyebabnya Menurut Dokter

Menurut dokter gigi, Dr. drg. Hananto Seno, Sp.BM., MM, karies gigi pada anak biasanya menimpa lebih dari satu gigi melainkan hampir seluruh gigi. Ini disebabkan karena kebiasaan mengonsumsi susu yang dibiarkan hingga tertidur.

"Saat mau tidur, biasanya minum susu dan dibiarkan hingga tertidur. Orangtua membiarkannya tanpa dibersihkan. Hal ini menyebabkan terjadinya fermentasi dari gigi dan menyebabkan kalsium pada gigi lepas," ujar drg. Seno yang juga Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB PDGI), dalam acara media Pepsodent, di kawasan Tebet Jakarta Selatan, Selasa, 20 Maret 2018.

Cara Seru Mengedukasi Si Kecil soal Kesehatan Gigi

Anak menyikat gigi

Seno menerangkan, kondisi tersebut jika dibiarkan berhari-hari, akan membuat lapisan gigi menjadi tergerus hingga memicu karies. Untuk itu, Seno menerangkan peran orangtua dalam membersihkan gigi anak sejak dini.

Hindari Gaya Hidup Ini! Bisa Merusak dan Menimbulkan Penyakit Gigi

"Saat sudah minum susu, sebaiknya minum air putih. Lalu bersihkan dengan cotton bud yang dibasahkan agar terjamin kebersihan gigi dan gusinya," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institution Yayasan Unilever Indonesia, drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., menyarankan agar orangtua membatasi asupan makanan manis dan lengket pada anak. Terlebih, ia mengatakan pentingnya mengajari si kecil cara menyikat gigi di waktu yang tepat.

"Sebaiknya pilih pasta gigi yang mengandung flouride dan ajari anak sikat gigi dari gusi ke atas arah gigi. Pastikan waktu menyikat gigi selama dua menit di waktu setelah sarapan dan sebelum tidur," terang drg. Ratu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya