Permainan Tradisional Anak, Alat Efektif Revolusi Mental

Sejumlah murid sekolah dasar memainkan permainan anak tradisional Maluku, Toki Gaba-gaba, di arena Pameran Hari Pers Nasional (HPN) dan Maluku Expo 2017, Lapangan Merdeka, Ambon, Maluku
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Embong Salampessy

VIVA – Tak dipungkiri, bermain permainan tradisional di Tanah Air mampu memberi keseruan tersendiri. Sama halnya seperti yang dirasakan Menteri Sosial RI, Idrus Marham, kala menjajal permainan engklek di lapangan Monas, Jakarta, hari ini.

5 Rekomendasi Permainan, Bisa Tingkatkan Motorik Kasar dan Halus Anak Berkebutuhan Khusus

Melalui gerakan #JamMainKita , Mensos Idrus ingin kembali meningkatkan tren permainan tradisional yang mulai pudar. Tak hanya itu, Idrus yang sempat menjajal bermain engklek di hadapan puluhan anak-anak, menerangkan pentingnya permainan tradisional tersebut.

"Di sini ada asas mentaati permainan yang ada, ini ada kejujuran, sikap sportif. Inilah yang diminta bapak presiden untuk revolusi mental yang dimulai dari bawah dengan permainan tradisional," ujar Idrus ditemui di kawasan Monas, Jakarta, Minggu 25 Maret 2018.

Siswa Madrasah Bermain MB Junior Bersama Iriana Jokowi dan OASE KIM 

Dengan sambil ditemani Seto Mulyadi kala bermain engklek, Idrus juga menegaskan peran permainan tradisional untuk jiwa sosialisasi anak.

Menteri Sosial RI, Idrus Marham, bermain engklek

Ajak Anak Main MB Junior, Cara Kemenag Kampanyekan Moderat Sejak Dini

"Saya melanggar juga ketawa, ada kesadaran yang terdeskripsi dari dalam diri kita, inilah yang harus secara efektif sebagai instrumen revolusi mental," tutur Idrus.

Dilanjutkannya, jiwa sosial yang baik tentunya memberi dampak positif pada tumbuh kembang anak. Ia meyakini, hal ini yang dibutuhkan anak-anak Indonesia untuk membentuk pemimpin yang bermoral baik.

"Sehingga, lahir para calon memimpin bangsa yang sehat secara spritual dan kejiwaan secara fisik, sikap-sikap yang kesetiakawanan, kreatif, cerdas."

Congklak, Permainan Tradisional Anak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya