Psikolog Ungkap Deret Stimulasi Tepat Bagi Anak Usia Dini, Si Kecil Pasti Suka!

Aktivitas anak-anak bermain
Sumber :

JAKARTA – Pengembangan anak usia dini yang berkualitas menjadi investasi utama terpenting dalam tercapainya Generasi Emas Indonesia 2045. Psikolog Klinis Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, menekankan pentingnya memberikan dukungan optimal bagi si Kecil di momen emas ini dengan sejumlah upaya penting.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah anak usia dini di Indonesia diperkirakan sebanyak 30,73 juta jiwa pada 2022. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Ini merupakan fenomena bonus demografi yang penting untuk dioptimalkan sebab di usia inilah, pertumbuhan fisik, perkembangan kognitif, sosial dan emosional anak berkembang paling pesat dan tidak akan dapat diulang kembali pada masa-masa berikutnya dalam hidupnya.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Sehingga, bila tumbuh kembang anak pada periode ini maksimal, Ia akan tumbuh menjadi generasi yang maju di masa depan.

Anak-anak beraktivitas di My Gym Children’s Fitness Center.

Photo :
  • Dokumentasi My Gym Indonesia
Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Untuk itu, Psikolog Anna Surti Ariani menyampaikan bahwa perkembangan anak dapat maksimal dengan upaya dari pemenuhan nutrisi hingga stimulasi yang tepat untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Ini termasuk pentingnya stimulasi bermain pada anak yang kerap tak disadari orang tua.

"Misalnya, pada Area Kendali Pesawat, kemampuan Berpikir Cepat si Kecil dapat diasah dengan menyusun balok bertingkat, menyusun potongan puzzle dan permainan digital mencocokkan bentuk dan pola pesawat," ujar Psikolog Anna Surti dalam keterangan pers SGM Eksplor.

Ilustrasi anak kecil

Photo :
  • pixabay

Psikolog Anna Surti menambahkan bahwa stimulasi bermain ini dapat ditemukan dalam beragam permainan stimulasi yang ada di Festival Anak Generasi Maju.

Dari ragam permainan itu, dapat memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan berpikir cepat, berani, dan memiliki fisik yang kuat sekaligus semangat pantang menyerah yang dapat bermanfaat untuk masa depannya agar menjadi generasi maju.

"Contoh lain, permainan di Area Terbang dapat membuat si Kecil lebih Berani setelah ditantang menjelajah labirin dan mengumpulkan kepingan nutrisi IronC. Di Area Latihan Pilot, kemampuan motorik si Kecil diasah sehingga memiliki fisik kuat dan pantang menyerah saat mendaki panjat tebing sederhana serta melewati jembatan kanopi, pun masih ditantang mengelompokkan bola nutrisi setelah meluncur di perosotan,” ungkap Anna Surti Ariani.

Ilustrasi Anak Kecil

Photo :
  • Istyle

Anggi Morika Septie, Marketing Manager SGM Eksplor, menjelaskan bahwa kegiatan Festival Anak Generasi Maju ini hadir untuk meyakinan Bunda terus memilih SGM Eksplor dengan memberikan manfaat langsung untuk Bunda dan si Kecil.

Si Kecil dapat mengikuti serunya permainan stimulasi edukatif menjadi Pilot Generasi Maju melalui Area Kendali Pesawat, Area Terbang, dan Area Latihan Pilot, juga mengikuti Lomba Mewarnai yang terbagi dalam 2 kategori berdasarkan usia. 

"Kami menargetkan kegiatan Festival Anak Generasi Maju dapat menjangkau lebih dari 14 ribu anak di 15 kota/kabupaten di Indonesia yang akan berlangsung mulai dari 5 Agustus hingga 5 November 2023," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya