Manfaat Luar Biasa Wahana Sains untuk Anak

Ilustrasi anak belajar
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Belajar sains sangat penting bagi anak-anak di Indonesia. Tetapi, tak dipungkiri, sulitnya memahami sains membuat banyak anak Indonesia tidak memilihnya sebagai mata pelajaran favorit.

4 Tips Memilih Bimbingan Belajar untuk Anak

Padahal, ilmu sains bisa dipelajari dengan mudah jika cara yang digunakan sangat menyenangkan dan membuat anak nyaman. Salah satunya melalui wahana sains dan teknologi yang hadir di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta.

"Pelaksanaan ini atas kerjasama dengan para peneliti dengan tujuan untuk mewujudkan wahana baik bagi Indonesia yaitu taman ilmu pengetahuan nasional. Wahana ini diharapkan untuk pembelajaran dengan cara baik dan mudah," ujar Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof H Mohamad Nasir, PhD, Ak, dalam Pembukaan Indonesia Science Day 2018 di TMII, Jakarta, Jumat 20 April 2018.

Anak Jenuh Belajar, Yuk Asah Semangatnya Pakai Konsep Ini

Menristekdikti, Prof. H. Mohamad Nasir

Dikatakan Nasir, sains sendiri sangat berguna bagi anak-anak di masa depan. Maka dari itu, ia berharap melalui wahana sains dan teknologi yang tersedia, bisa membuat anak dengan mudah memahami ilmu pengetahuan yang didapatkan.

Mudah Moms, Ini Cara Menyenangkan Si Kecil Belajar Matematika

"Kalau digambarkan dalam dunia ilmu pengetahuan, sering dihadapkan bahwa ilmu pengetahuan bersifat alam, orang bilang sulit dan tidak bisa membayangkan. Wahana ini harapannya mereka bisa belajar dengan cara bermain. Logikanya diajak berpikir dengan baik dan mudah," ungkapnya.

Tak hanya itu, dari berbagai wahana yang ada, Nasir mengharapkan agar anak-anak bisa mengenali pelajaran sains yang lebih disukainya.

"Buatkan pertanyaan terbuka pada pengunjung terkait wahana apa yang disukai, untuk cerminkan anak suka di bidang kimia fisika atau MTK. Coba dikelompokkan, tiap anak sesuai bangku sekolahnya dan tanya seberapa mereka menikmatinya wahana ini."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya