Dampak Main Mobil-Mobilan untuk Anak

Mobil-mobilan yang disewakan Europcar.
Sumber :
  • www.autonet.com

VIVA – Permainan untuk anak, bukan saja sekadar memberi rasa bahagia melainkan membentuk proses tahap tumbuh kembangnya. Salah satu mainan yang ternyata sangat bermanfaat yaitu mobil-mobilan yang bisa diberikan pada usia anak sejak dini.

Viral Aksi Bapak-Bapak Naik Mobil Mainan dan Terjengkang di Pasar Malam

Mobil-mobilan merupakan mainan yang paling mudah ditemui dan sangat terjangkau untuk anak. Ternyata, ini bisa diberikan sejak anak berusia 6 bulan dengan proses permainan yang sesuai.

"Manfaat mobil-mobilan berbeda di tiap usia. Usia 6 bulan sampai 1 tahun, coba untuk memberikan narasi atau cerita pada anak terkait pembuatan mobil atau pemakaian mobil untuk apa," ujar psikolog pendidikan, Nadya Pramesrani, M.Psi, Psi., beberapa waktu lalu.

Libur Nataru di Rumah, Yuk Ajak Si Kecil Main Keseruan Ini

Selanjutnya, usia anak yang mencapai 1,5 tahun, bisa mengasah tahap tumbuh kembangnya dengan meminta ia menyimpan mobil mainan di tempat yang Anda sebutkan. Misal, minta si kecil meletakkan mobil merah di kotak yang berwarna hijau dan mobil kuning di bulatan yang berwarna hitam.

Mobil-mobilan Hot Wheels.

Kenali Anak dengan Mainan Edukatif Ramah Lingkungan

"Di usia dua tahun, anak sudah mulai bisa membedakan barang-barang secara lebih mendetail. Coba di usia ini berikan beragam bentuk mainan selain mobil seperti kapal laut dan pesawat. Lalu, minta anak membedakan mana yang dinamakan mobil, kapal, pesawat, dan sebagainya," jelasnya.

Dikatakan Nadya, dengan media atau permainan yang sama, bisa digunakan oleh anak di berbagai usia. Meski begitu, memang cara bermainnya yang berbeda karena menyesuaikan pola pikir anak.

"Intinya media sama tapi dengan cara bermain yang beda. Ada juga anak yang suka menggunakan imajinasinya dengan memakai mobil mainan sebagai perang-perangan atau dianggap pesawat dan sebagainya. Itu masih wajar karena anak masih menyukai dunia peran," kata dia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya