Pentingnya Memperkenalkan Alam pada Anak Sejak Dini

Ilustrasi anak-anak bermain.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA – Bermain menjadi salah satu cara untuk anak bisa beraktualisasi dengan lingkungan mereka. Tidak sedikit dari orangtua yang mengajak anaknya untuk berkebun, mengunjungi beberapa tempat seperti kebun binatang atau dengan kata lain mendekatkan anak pada alam.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Psikolog dan Founder Personal Growth, Ratih Ibrahim menyebut, penting untuk mendekatkan anak pada alam, karena bisa menstimulasi kecerdasan si kecil.

"Manusia itu adalah bagian dari alam semesta, kedekatan dengan alam itu juga menstimulasi seluruh aspek kecerdasan, berikut aspek kecerdasan naturalistik yang membuat dia menyadari dia bagian dari lingkungan dia," kata Ratih saat ditemui di kantor Shopee di Kawasan SCBD Jakarta, Sabtu, 30 Juni 2018.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Tidak hanya itu, kata dia, manfaat mendekatkan diri pada alam dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk memelihara alam, menstimulasi kecerdasan emosi, sosial, hingga empati sang anak.

Terkait dengan lokasi tempat tinggal orangtua yang jarang memiliki area taman, dia pun memberikan beberapa alternatif dengan mengunjungi lokasi seperti taman-taman yang ada di sekitar perumahannya.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

"Ada Taman Menteng, ada Taman Cut Mutia, ajak jalan ke situ, car free day mendekatkan diri dengan alam kena sinar matahari. Kebun Raya besar, bawa bekel duduk bawa tiker," ujarnya. 

"Atau bisa mencoba menanam tomat pakai kaleng bekas susu itu kan mendekatkan anak pada alam punya binatang peliharaan, pergi ke Ragunan lihat bagimana binatang dipelihara itu kan mendekatkan anak juga pada alam," dia menambahkan.

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024