Mengawasi Anak yang Bermain di Luar Ruangan

Anak-anak bermain di antara patung-patung kayu di Kota Geelong
Sumber :
  • VIVA / Renne

VIVA – Perkembangan zaman sudah membuat batas untuk anak bermain dan mengeksplorasi dirinya. Di era digital seperti sekarang, anak-anak lebih memilih bermain gadget ketimbang bermain bersama teman sepermainnya. 

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Banyak alasan yang membuat orangtua melarang anaknya bermain di luar rumah seperti jatuh, hilang, atau terpapar bakteri dan segala jenis kuman. Padahal, membolehkan anak bermain di luar rumah memiliki manfaat penting untuk perkembangan anak.

Selain itu, tubuh anak harus bisa mengenal segala jenis zat yang berbahaya masuk ke dalam tubuh sehingga bisa membentuk faktor pertahanan diri yang hebat. Meski ada faktor bahaya bagi anak bermain di luar rumah, tetapi mengawasi mereka bisa menjadi cara untuk tetap menjaganya.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

"Walaupun anak bermain keluar sendiri tetap harus dalam pengawasan orangtua atau harus ada yang menemani, walaupun sekedar bermain di dalam komplek," ucap Senior Brand Executive Onny Vitadini Wulandari di Kawasan Senayan Jakarta Selatan. 

Pengawasan orangtua terhadap anak yang bermain di luar rumah memang penting dilakukan, sebab ancaman kejahatan juga mengintai. 

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

"Karena bukan hanya takut terjadi kecelakaan, tapi juga faktor kejahatan yang marak saat ini," Onny menambahkan. (ren)

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024