Bahaya Tersembunyi Popok Bayi Dibiarkan Terlalu Lama

Ilustrasi popok bayi
Sumber :
  • pixabay/Ajale

VIVA – Tubuh yang bersih pada bayi, sangat dibutuhkan untuk menjauhkannya dari ragam penyakit. Terlebih, bahaya membiarkan si kecil terlalu lama mengenakan diapersnya, memicu infeksi saluran kemih hingga gagal ginjal.

Rentan Infeksi, Begini Cara Tepat Rawat Tali Pusat Bayi Baru Lahir

Popok atau diapers penuh menjadi sarang berkembangbiaknya bakteri. Hal ini memicu bakteri naik ke saluran kemih hingga ke kandung kemih.

"Infeksi saluran kemih (ISK) ini gejalanya tak terdeteksi pada anak. Kalau bakteri sudah masuk sampai ginjal, baru mulai tumbuh demam. Kalau belum sampai ginjal, gejalanya tidak ada," ujar Dokter Spesialis Anak Brawijaya Women and Children Hospital, dr. Natia Anjarsari, SpA, dalam temu media Sleek, di Jakarta, Senin 23 Juli 2018.

Selain Ruam Popok, Infeksi Saluran Kemih Intai Bayi Jika Salah Gunakan Popok

Bahaya saat ginjal dipenuhi bakteri, bisa memicu gagal ginjal. Natia menuturkan, sebab ISK yang terjadi secara berulang bisa membuat gagal ginjal terjadi di usia anak mendatang.

Bayi Pakai Popok

Punya Anak Aktif Gerak, Begini Cara Asmirandah Atasi Ruam Popok Pada Bayi

"Sering kejadian nutrisi bagus, MPASI bagus tapi kebersihan kurang. Ganti popok penting jangan kelamaan. Bukan masalah penuh, tapi terpapar pipis kelamaan bikin infeksi saluran kemih atau diaper rush karena kontak kotoran, dan kulit terlalu lama," jelasnya.

Tak hanya itu, ia menambahkan agar para ibu mau menjaga kebersihan melalui mencuci tangan. Sebab, infeksi bisa terjadi dengan mudah saat cuci tangan tidak dilakukan oleh ibu saat menggendong bayinya.

"Makanya, kebersihan itu hal paling penting yang bisa dilakukan. Salah satunya, cuci tangan yang bisa memutus rantai infeksi pada anak," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya