Manfaat Edukasi Bermain Ular Tangga untuk Si Kecil

Ilustrasi papan permainan ular tangga
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bagi seorang anak, permainan bisa membuat ia mengenali dunia luar dan lingkungannya, serta mempelajari banyak hal. Salah satunya, permainan ular tangga yang bisa digunakan untuk mengedukasi anak dalam mengenalkan konsep angka dan bentuk. 

5 Rekomendasi Permainan, Bisa Tingkatkan Motorik Kasar dan Halus Anak Berkebutuhan Khusus

Memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2018, PT Siloam International Hospitals Tbk melakukan kegiatan customer centric initiatives berupa pembagian permainan edukasi dengan tema kesehatan kepada pasien anak rawat inap berusia 5-10 tahun.

Permainan edukasi ular tangga yang dibagikan dikemas dengan konsep edutainment (edukasi dan hiburan), dimana terdapat berbagai macam informasi tentang kesehatan dasar yang ditampilkan dengan desain menarik dan warna-warna cerah.

Siswa Madrasah Bermain MB Junior Bersama Iriana Jokowi dan OASE KIM 

"Permainan ular tangga yang tampak sederhana ini memiliki manfaat bagi anak. Seperti halnya permainan matematika, permainan ular tangga juga mengajarkan konsep angka dan bilangan. Anak akan berlatih berhitung (menghitung kotak-kotak yang ia lalui saat menggerakkan bidak sesuai jumlah mata dadu yang keluar)," ujar Vice President Director Siloam, Caroline Riady, dikutip dari rilis Siloam, Selasa 24 Juli 2018.

Mainan anak-anak.

Ajak Anak Main MB Junior, Cara Kemenag Kampanyekan Moderat Sejak Dini

Selain itu, permainan ini mengajarkan ketelitian. Sebab, anak dilatih untuk teliti saat menjalankan bidak, apakah hitungannya sudah tepat atau tidak.

Bahkan, permainan ini mengajarkan untuk disiplin dalam bersikap. Saat bermain, anak dilatih untuk menunggu giliran untuk menjalankan bidak.

"Membangun rasa percaya diri anak dalam berhitung, yang menjadi dasar bagi anak mengembangkan kemampuan matematika anak," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya