Banyak Orangtua Tak Pantau Tumbuh Kembang Anak

Mengenal tumbuh kembang anak.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Memantau tumbuh-kembang anak pada 1.000 hari pertama kehidupan menjadi hal penting. Ini karena 1000 hari pertama adalah masa emas bagi tumbuh kembang bayi. 

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Namun, menurut survei yang dilakukan Teman Bumil-- aplikasi untuk ibu Indonesia, 1.200 orangtua ditemukan bahwa hanya 37 persen orang tua yang memantau rutin tumbuh-kembang si Kecil tiap bulan.

Robyn Soetikno, Co-Founder Teman Bumil dalam acara media gathering hari ini, memaparkan, bahwa hanya 2,6 persen orangtua yang rutin mencatat tumbuh kembang si Kecil tiap minggu, dan sebanyak  3,7 persen tidak pernah melakukannya. Sedangkan, sebanyak 42 persen hanya memantau ketika kunjungan ke dokter.

Catat Moms, Ini Trik Si Kecil Aman Bermain di Tengah Suhu Panas Ekstrem

"Kecenderungan orangtua untuk mencatat tumbuh kembang anak di Kartu Menuju Sehat kadang menyulitkan. Sebanyak 23 persen responden kesulitan mengingat jadwal imunisasi si kecil, karena KMS hilang," kata Robyn saat ditemui di kawasan Thamrin, Rabu, 15 Agustus 2018.  

Teman Bumil

Benjol di Kepala Anak, Perhatikan! Ini yang Harus Orang Tua Lakukan

Padahal, Margaretha Komalasari, Sp.A dari Brawijaya Women & Children Hospital, juga menegaskan, bahwa memantau tumbuh-kembang haruslah dilakukan secara rutin dan jadi kebiasaan orang tua.

"Semakin dini masalah tumbuh-kembang didiagnosis, kemungkinan bisa diperbaikinya semakin besar pula,” kata dia. 

Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024