Ibu-ibu Zaman Now Makin Cerdas Secara Digital

Ilustrasi media sosial di internet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Perkembangan teknologi saat ini sangat banyak memengaruhi para ibu zaman sekarang. Kehadiran gadget dan bangkitnya era digital membuat banyak perubahan dalam keseharian para ibu ini.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Menurut sebuah survei bertajuk Indonesian Digital Mums 2018 mengenai tren prilaku online lebih dari 1.000 ibu, ada peningkatan penggunaan internet para ibu hingga 48,7 persen. Rata-rata para ibu ini menghabiskan waktu 1-3 jam per hari.

"Hal ini membuat kebiasaan menonton TV menurun hingga 78,5 persen," ujar Head of Content Tickled Media, Putri Fitria, saat pemaparan hasil survei Indonesia Digital Mums 2018 di kawasan Kuningan Jakarta, Rabu 12 September 2018.

Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

Survei ini juga mengungkap kebiasaan para ibu ketika di dunia maya. Sebanyak 24 persen mengunjungi situs parenting dan 20 persen mengakses media sosial. Lebih dari sebagian responden, yakni 52 persen, aktif berselancar di internet di atas pukul 19.00 WIB.

Sedangkan 36 persen aktif pada pukul 12.00 WIB-19.00 WIB dan 12 persen aktif sebelum jan 24.00. Uniknya, para ibu dengan penghasilan Rp10 juta per bulan bisa menghabiskan waktu 4-7 jam per hari di dunia maya.

Menyelami Dampak Negatif FOMO pada Pengguna Media Sosial

Selain itu, survei ini juga menemukan bahwa ibu di Indonesia memengaruhi belanja rumah tangga hingga sebesar 99 persen. Angka ini meningkat dari tahun lalu sebesar 98 persen. Karena itu, ibu-ibu masa kini dikenal dengan sebutan Chief Household Officer (CHO) yaitu pembuat keputusan utama untuk pembelian keperluan rumah mereka.

"Sebesar 95,4 persen ibu digital melakukan belanja online dengan 67 persen melakukannya setidaknya 2-3 kali sebulan, dan keperluan anak menjadi barang belanja utamanya," ujar Putri.

Menurut Founder dan CEO Tickled Media, Roshni Mahtani, seperti ibu-ibu di negara-negara Asia Tenggara lainnya, ibu di Indonesia semakin aktif mengonsumsi internet dan semakin cerdas secara digital. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya