Ini Nilai yang Harus Ditanamkan saat Anak Ikut PAUD

Ilustrasi anak belajar
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Usia 3-6 tahun merupakan tahapan perkembangan yang krusial bagi anak. Di masa ini, mereka menyerap apa yang terjadi di sekelilingnya. Mereka mendengar, melihat, mencium dan merasakan. Oleh karena itu penting untuk memberikan pendidikan pada anak sejak usia dini.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Masa awal tumbuh dan kembang anak adalah waktu yang harus dioptimalkan. "Kami percaya bahwa membangun kemampuan kognitif, bahasa, motorik, dan sosial-emosional anak adalah yang paling penting untuk membangun pondasi bagi semua pembelajaran," ungkap Kepala Sekolah KB TK Jakarta Intercultural School, Maya Rangkuti Nelson, saat peresmian Early Year Center JIS, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa 25 September 2018.

Maya menjelaskan, bahwa untuk membangun semua nilai-nilai tadi, tidak cukup hanya melalui pola pengajaran secara formal. Untuk anak usia dini juga penting untuk menanamkan nilai-nilai melalui sarana bermain.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

“Bermain adalah aspek utama dari kelas PAUD. Bermain yang efektif dan positif akan mendukung perkembangan otak sehingga setiap anak dapat sepenuhnya mengembangkan kapasitasnya sendiri," kata Maya.

Ia menjelaskan, dengan adanya EYC di kampus JIS Pondok Indah, mendukung program pendidikan PAUD JIS yang memudahkan siswa-siswa untuk bereksplorasi, memenuhi rasa keingintahuan mereka dan melakukan penyelidikan hal-hal yang baru.

Bingung Pilih Sekolah untuk Anak? Ini 5 Tipsnya

"Adanya tempat ini membuka peluang bagi siswa-siswa untuk bermain secara kreatif di dalam maupun di luar ruang," kata dia.

Sebagai Informasi EYC JIS Pondok Indah sendiri memiliki bangunan dua lantai yang dirancang secara ekologis dan memiliki 12 ruang kelas dan fasilitas yang dirancang khusus untuk membina siswa-siswa PAUD.

Di dalamnya terdapat ruang seni,area membaca di luar ruang, ruang proyek dan sebuah studio tari/gerakan. Siswa-siswa juga dapat bebas bereksplorasi di dua ruangan Maker Space yang menggabungkan teknologi dan keterampilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya