Main Gadget Sejak Kecil Buat Anak Susah Pegang Pensil?

Ilustrasi bermain game.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bermain merupakan hal penting untuk perkembangan otak yang sehat. Namun seiring perkembangannya teknologi, anak-anak lebih sering bermain menggunakan gadget dibandingkan dengan permainan konvensional.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Padahal menurut, Psikolog dan Pendiri Tiga Generasi, Saskhya Aulia Prima, anak seharusnya diberikan mainan konvensional sejak kecil. Hal ini lantaran untuk memudahkan anak dalam menggerakkan sensor motorik mereka.

"Seperti gini, bayi itu ngebuka halaman-halaman buku itu susah banget karena jari-jari harus digunakan. Mereka harus latihan menggunakan yang beneran sebelum lancar banget baru kita kasih gadget," kata dia saat ditemui di Menara BTPN, Rabu, 14 November 2018.

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Jika sejak kecil lebih sudah diberikan gadget maka akan menyulitkan anak ketika hendak belajar memegang sesuatu. "Ketika pegang pensil akan kesulitan," kata dia.

Dia menambahkan bahwa keunggulan permainan konvensional dibandingkan gadget adalah memberikan pengalaman langsung kepada anak. Dengan demikian, anak bisa lebih banyak mengeksplorasi.

Jangan Ragu Masukkan Anak ke PAUD Bun, Ini 5 Manfaat Pentingnya

"Kalau gadget kebanyakan di pengetahuan motorik enggak masuk," kata dia.

Ilustrasi Anak Bermain di Playground

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Playground memberikan ruang bagi anak-anak untuk bergerak, berlari, dan bermain secara bebas, yang merupakan aspek penting dalam perkembangan fisik mereka.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024