3 Penyebab Anak Malas Belajar, Orang Tua Wajib Tahu

Ilustrasi anak yang mengalami bullying.
Sumber :
  • Pisabay/ anemone123

VIVA – Kesalahan paling umum yang sering ditemukan pada orang tua adalah mereka seringkali memaksakan keinginan agar anak mau belajar dan sukses secara akademik. Mendapat sekolah terbaik dan nilai terbaik. Tak heran jika datang waktu ujian, biasanya orang tua inilah yang paling stres.

4 Tips Memilih Bimbingan Belajar untuk Anak

Sementara anak, mereka akan tetap terlihat tenang dan cenderung mengikuti keinginan orang tua meski mungkin hanya setengah hati. Alhasil mereka terlihat malas saat harus belajar di rumah. Persoalan seperti ini tentu sudah jadi hal umum bagi mereka yang telah memiliki anak.

Jadi apa sih sebenarnya yang salah hingga anak terlihat malas jika diminta belajar?

Anak Jenuh Belajar, Yuk Asah Semangatnya Pakai Konsep Ini

Psikolog anak, Vera Itabiliana Hadiwidjojo menjelaskan beberapa alasan anak malas belajar.

1. Gaya

Mudah Moms, Ini Cara Menyenangkan Si Kecil Belajar Matematika

Menurutnya, setiap anak memiliki karakter berbeda, sehingga cara belajar yang sama tidak selalu bisa berhasil pada anak lainnya.

"Anak kinestetik butuh gerak. Agak susah mengharapkan anak kinestetik duduk tenang. Dia butuh banyak gerak, banyak jeda. Jadi kalau gaya belajar enggak pas dengan anak, mereka akan bilang, 'Aku enggak bisa belajar’,” ujar Vera di Jakarta, Senin, 25 Maret 2019.

2. Waktu

Waktu belajar juga menjadi hal penting untuk diperhatikan. Orang tua sebaiknya jangan  memaksakan waktu belajar anak. Ajak anak memutuskan kapan dia mau belajar.

"Misal harus sore, sementara jam itu ada film kartun favoritnya, ya dia jadi enggak semangat belajarnya," imbuhnya.

3. Metode

Metode belajar yang membosankan, kurang menyenangkan juga lama-lama akan membuat anak merasa bosan. Berbeda dengan cara belajar yang lebih menyenangkan, sambil bermain, bisa membuat anak lebih semangat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya