Bunda, Pahami Cara Tepat Memilih Dot Si Kecil

Ilustrasi bayi minum dari botol susu.
Ilustrasi bayi minum dari botol susu.
Sumber :
  • Pixabay/Ben_krckx

VIVA – Bagi ibu bekerja, pemakaian dot sebagai media dalam pemberian air susu ibu (ASI) berperan sangat besar. Untuk dapat memberikan ASI secara maksimal melalui dot, tentu tidak boleh asal memilihnya untuk si kecil.

Dokter Spesialis Anak, dr. Margareta Komalasari, Sp. A memaparkan bahwa memberikan ASI kepada sang buah hati adalah satu usaha Ibu untuk menunjang keberhasilan 1.000 hari pertama si kecil. Pada ibu dengan kendala memberikan ASI secara langsung, pilihan terakhirnya adalah memberikan ASI dengan media botol atau dot.

"Ibu yang bijak tentunya paham bahwa pemilihan botol dan dot susu tidak boleh asal dan ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, misalnya bentuk dot dan bahan pembuatan botolnya," ujar  Margareta, dikutip dari siaran pers Baby HUKI yang diterima VIVA, Jumat, 17 Mei 2019.

Margareta menekankan pentingnya memperhatikan unsur halalnya. Sebab, media atau alat yang halal tentunya bersih dari zat-zat berbahaya untuk si kecil

"Dot yang halal sudah terjamin kebersihannya dari zat berbahaya yang dapat memengaruhi kualitas ASI," jelasnya.

Selain itu, ada baiknya juga ibu memperhatikan bentuk dot yang sesuai dengan bentuk mulut si kecil, agar dapat merangsang pertumbuhan rahang dan giginya. Untuk itu, penting bagi orangtua untuk memeriksa label kemasan botol dan dot agar si kecil dapat menerima kebaikan ASI secara maksimal.

Bunda juga dianjurkan memilih jenis dot orthodontic yang bentuknya menyerupai puting payudara ibu saat menyusui sehingga membuat si kecil lebih nyaman. Dot orthodontic didesain sesuai dengan bentuk mulut si kecil, sehingga dapat menunjang dan merangsang pertumbuhan rahang dan gusi si kecil, agar gigi tumbuh dengan sempurna

"Lubang yang berada menghadap ke atas mencegah aliran susu keluar jika bayi tidak mengisap, sehingga mencegah bayi tersedak," kata ujar Business Unit Director Baby Huki, Franciska Puspa Julia. (ldp)