Si Kecil Tantrum? Ini Tips Mengatasinya

Anak tantrum.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Anak yang tantrum seringkali membuat orangtua kesulitan menghadapinya. Kondisi tantrum ini sangat mudah ditemui dan menjadi permasalahan bagi orangtua dalam mengasuh anak.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

Perlu dipahami, tantrum merupakan kondisi ledakan emosi seseorang yang ditandai dengan sikap keras kepala, menjerit hingga menangis. Biasanya, tantrum dialami oleh anak yang berusia 2-3 tahun.

"Tantrum terjadi saat anak tidak tahu cara komunikasikan apa yang dia mau utarakan atau saat apa yang dia mau tidak terpenuhi, maka dia bisa ngamuk. Tapi, jangan karena anak ngamuk, lalu semua keinginannya dipenuhi," ujar dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang RSPI, dr Catharine Sambo Sp.A(K), dalam acara media RSPI, di kawasan Senopati, Jakarta, Kamis, 20 Juni 2019.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

Menurut Catharine, bila orangtua terlalu sering memenuhi keinginan anak seusai anak tantrum, ini akan menjadi 'senjata' bagi anak untuk meminta hal lain di kemudian hari. Anak akan memahami bahwa dengan menangis, membuatnya bisa mendapatkan keinginannya.

"Anak akan learn behavior bahwa dengan cara ini, keinginan dia pasti akan dikasih. Maka, ketika anak tantrum, tugas orangtua perlu fasilitas bagaimana cara anak bisa menenangkan diri," paparnya.

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

Ia melanjutkan, cara anak menenangkan diri tersebut bisa dilakukan dengan membawa anak pergi dari keramaian. Sebab, semakin banyak perhatian dari orang lain yang ia dapatkan dari sikap tantrumnya itu, semakin sulit anak menghentikan tantrum.

"Setelah diajak ke tempat sepi, biarkan anak tenang dengan sendirinya. Setelah anak tenang, ajak anak komunikasi seperti apa yang ia ingin utarakan atau beri alasan mengapa Anda tidak memberikannya hal yang dia inginkan," jelasnya. (ase)

Ilustrasi menenangkan anak tantrum

Anak Sering Tantrum Tanpa Sebab? Ini 8 Tips Mengatasinya

Jika anak tantrum terus berlanjut ataupun menjadi sering dan intens, pertimbangkanlah untuk berkonsultasi dengan ahli perkembangan anak psikolog untuk mendapatkan bantuan

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2023