10 Doa Ayah untuk Anak Perempuan, Yuk Amalkan Setiap Hari

Ilustrasi berdoa
Sumber :
  • Pixabay/ Chiplanay

VIVA – Orangtua akan terus melindungi dan mendoakan anak-anaknya. Khusus anak perempuan, biasanya ayah akan lebih protektif karena menganggap mereka butuh perlindungan lebih.

Babak Baru Drama Teuku Ryan-Ria Ricis, Sang Adik Unggah Doa Sang Kakak Agar Dijauhkan dari Setan

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melindungi anak, bisa dilakukan dengan cara berdoa kepada Allah SWT, agar diberikan perlindungan dan bahagia dunia akhirat. 

Berikut kumpulan doa ayah untuk anak perempuan yang bisa diamalkan setiap hari, dikutip theAsianparent, Jumat 19 Maret 2021.

Tega! Ayah di Medan Jual Anaknya Usia 11 Bulan Rp 15 Juta di Facebook

1. Doa agar anak rajin beribadah (Doa Nabi Ibrahim AS)
“Rabbij'alni muqimas-salati wa min zurriyyati rabbana wa taqabbal du'a”.

Artinya: "Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan salat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku." (Q.S. Ibrahim: 40). 

Lupus Rentan Serang Anak Perempuan Usia 11-12 Tahun, Bagaimana Pencegahannya?

2. Doa mohon perlindungan Allah SWT untuk anak (Doa Rasulullah SAW untuk cucu-cucunya, Hasan dan Husain)
“U’iidzuki bikalimaatillaahit-taammah, min kulli syaithoonin wa haammah, wa min kulli ‘ainin laammah”.

Artinya: "Aku memohon perlindungan untukmu dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari semua godaan setan dan binatang pengganggu, dan dari pandangan mata buruk." (H.R. Abu Daud 3371, dan dishahihkan Al-Albani, diriwayatkan pula oleh Bukhari dan Tirmidzi).

3. Doa agar anak memiliki pemahaman agama yang benar
“Allahmua faqih hu fid diini wa'allimhut ta'willa”

Artinya: "Ya, Allah, berikanlah pemahaman baginya dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta'wil."(tafsir ayat-ayat Alquran) (H.R. Bukhari). 

4. Doa agar anak beriman dan bertakwa
“Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyaatinaa qurrata a'yuninw waj 'alnaa lilmuttaqiina Imaamaa”

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa." (Q.S. Al-Furqon: 74). 

5. Doa memohon anak yang baik (Doa Nabi Zakaria AS)
“Rabbi hab lii mil ladunka zurriyyatan taiyibatan innaka samii'ud du'aaa'. 

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa." (Q.S. Ali-Imran: 38). 

6. Doa agar anak berbakti kepada orangtua
“Allahuma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho'atik, war zuqniy birrohum”. 

Artinya: "Ya Allah berilah berkah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah hamba rezeki berupa bakti mereka." 

7. Doa agar anak pintar
“Allaahummam-la’ Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hìk-matan Wa Ahlìhìm Lìqobuulì Nì’matìn Wa Ashlìh-hum Wa Ashlìh bìhìmul Ummah.”

Artinya: "Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka." 

8. Doa agar anak tumbuh sehat, cerdas, serta bermanfaat untuk sesama
“Allahummaj'alhu shohiihan kaamilan, wa 'Aqilan haadziqon, wa'aaliman' amilan”

Artinya: "Ya, Allah, jadikanlah anakku, anak yang sehat dan sempurna, memiliki akal cerdas, dan memiliki ilmu dan suka beramal.”

9. Doa memohon kebaikan untuk anak
“Allahumma bariklii fii ‘aulaazdii waahfathhum wa laa tathurra hum waarzukna birrohum”

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka." 

10. Doa memohon keberkahan untuk anak
“Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa'atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh”.

Artinya: "Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama'ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rizqi) yang engkau berikan kepada kami dan berilah kami kebarokahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat." Klik di sini untuk membaca lebih lengkap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya