3 Kreasi Susu untuk Menu Sarapan Si Kecil, Dijamin Doyan!

Fluffy Pancake
Sumber :
  • VIVA/ Isra Berlian

VIVA – Penting untuk mengawali hari dengan asupan bergizi dan kebaikan susu sebagai paduan nutrisi yang lengkap. Pakar menyampaikan bahwa mengonsumsi susu dapat memberi energi serta zat gizi berkualitas untuk beraktivitas sepanjang hari.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

"Susu mengandung protein, lemak, kalsium, vitamin A, B1, B2, B12, D, magnesium, potassium dan karbohidrat yang baik bagi tubuh," ujar Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, dalam acara virtual bersama Frisian Flag Indonesia, beberapa waktu lalu.

Prof. Hardinsyah menambahkan, kandungan gizi yang lengkap, dengan format yang mudah dikonsumsi membuat susu menjadi salah satu sumber asupan bergizi baik yang cocok untuk melengkapi kebutuhan gizi harian bagi anak, remaja dan dewasa. Susu juga mudah dikonsumsi dan diserap tubuh, serta dapat dipadukan dengan berbagai makanan lain. 

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Bukan hanya baik untuk diminum secara langsung, berbagai format susu juga dapat diolah dan dipadukan dengan jenis asupan lain untuk meningkatkan rasa dan juga gizi dari asupan. Bagaimana pengolahan susu agar tak jenuh dan tetap menarik untuk dikonsumsi? Berikut tipsnya.

Susu bubuk

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Photo :

Chef sekaligus Konsultan Kuliner, Nanda Hamdalah memaparkan bahwa varian susu bubuk dapat digunakan untuk campuran tekstur penganan ringan. Misal, sebagai lapisan susu dan gula halus pada kue atau camilan seperti pancake, pisang goreng, serta pudding.

"Taburan susu bubuk dapat meningkatkan tekstur dan warna sajian agar lebih menarik dan nikmat," terang Nanda, dalam acara yang sama.

Kental manis

Kental manis sendiri menjadi favorit banyak orang karena mudah diaplikasikan di berbagai sajian. Baik itu makanan ringan seperti roti bakar, hingga minuman hangat yang mudah dibuat. Dengan format kental manis, tekstur creamy dan rasa yang nikmat sehingga dapat memperkaya rasa pada masakan. 

"Dalam penggunaan kental manis yang perlu diperhatikan adalah takaran dalam pengaplikasiannya, untuk menemukan rasa dan tekstur yang pas dengan selera," ujar Nanda.

Susu cair

Nanda menyebut bahwa susu cair siap minum memang sangat cocok digunakan untuk segala kesempatan. Mudahnya susu cair untuk dikonsumsi, termasuk untuk sarapan, membuat tubuh lebih mudah berenergi. Siapa sangka, susu cair juga bisa dimanfaatkan ke beragam kreasi olahan, lho. 

"Misal membuat nasi kuning untuk sarapan tanpa santan, atau berbagai macam milkshake sehat yang cocok untuk pagi hari. Penggunaan berbagai format susu ini memberikan kemudahan dan kenikmatan dalam berbagai menu andalan keluarga," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya