Diabetes Tipe 2 pada Anak, Apa Pemicu dan Seberapa Berbahaya?

Ilustrasi diabetes pada anak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Diabetes tipe 2 biasanya lebih sering terlihat pada orang dewasa paruh baya atau lebih tua. Tetapi dengan meningkatnya obesitas pada anak-anak, kini juga didiagnosis pada orang muda, khususnya di kalangan anak-anak. Apa pemicunya dan berbahayakah?

9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Dikutip dari laman NDSS, Diabetes tipe 2 dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang terkait diabetes seperti penyakit jantung dan ginjal. Dengan lebih banyak anak usia muda yang mengembangkan diabetes tipe 2, komplikasi terkait diabetes cenderung terjadi pada usia yang lebih muda.

Oleh karena itu, perawatan yang tepat sangat penting untuk mencegah masalah kesehatan jangka panjang.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Apa beda diabetes tipe 1 dan 2?

Kadang-kadang anak dengan diabetes tipe 2 mungkin awalnya keliru untuk memiliki diabetes tipe 1 sampai penilaian lengkap dilakukan. Dibandingkan dengan diabetes tipe 1, ada kecenderungan bawaan yang lebih kuat untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Tetapi pada orang muda, sebagian besar merupakan hasil dari kebiasaan gaya hidup.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Anak muda mana yang paling berisiko terkena diabetes tipe 2?

Berat badan

Photo :
  • Times of India

Anak-anak dan dewasa muda yang paling berisiko terkena diabetes tipe 2 adalah mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas dan memiliki faktor risiko lain berupa keturunan.

Bagaimana diabetes tipe 2 berkembang?

Diabetes tipe 2 pada anak muda diduga akibat dari resistensi insulin, yang berarti insulin tidak bekerja dengan baik. Hormon insulin dibuat dalam tubuh kita oleh organ yang disebut pankreas dan memiliki peran penting dalam mengatur kadar glukosa darah.

Anak dengan resistensi insulin perlu membuat lebih banyak insulin daripada yang 'biasanya' diperlukan untuk mengatur kadar glukosa darah mereka. Orang-orang muda yang kelebihan berat badan dan obesitas lebih cenderung memiliki resistensi insulin yang dengan sendirinya dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Resistensi insulin seringkali dapat berkembang menjadi diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 lebih mungkin didiagnosis selama masa pubertas, karena perubahan hormonal dapat menyebabkan peningkatan resistensi insulin. Makan sehat, aktivitas fisik dan menjaga berat badan yang sehat dapat meningkatkan resistensi insulin. Ini dapat menghentikan kenaikan kadar glukosa darah dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Apakah ada gejala diabetes tipe 2?

Ilustrasi parenting/orangtua dan anak/anak makan.

Photo :
  • Freepik/freepik

Anak dengan diabetes tipe 2 mungkin tidak memiliki gejala. Jika ada gejala, ini biasanya ringan dan dalam banyak kasus, berkembang secara bertahap. Kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan gejala seperti haus dan banyak buang air kecil.

Bagaimana diabetes tipe 2 didiagnosis?

Diagnosis memerlukan penilaian medis yang komprehensif oleh seorang profesional kesehatan. Mereka akan bertanya tentang faktor risiko dan gejala apa pun serta mencari tanda-tanda resistensi insulin. Glukosa darah puasa atau Tes Toleransi Glukosa Oral (OGTT) juga dapat dilakukan. Kadar insulin puasa juga dapat diuji. Mulai usia 10 tahun, orang muda yang berisiko terkena diabetes tipe 2 harus melakukan tes darah puasa setiap dua tahun.

Bagaimana diabetes tipe 2 diobati?

Perawatan tergantung pada seberapa tidak sehatnya orang muda itu ketika mereka didiagnosis. Pada beberapa orang muda yang tidak memiliki gejala, perubahan gaya hidup seperti makan sehat dan tetap aktif secara fisik, mungkin merupakan satu-satunya pengobatan yang mereka butuhkan. 

Jika menerapkan gaya hidup sehat tidak cukup untuk mengendalikan diabetes anak muda, ada obat-obatan yang dapat membantu mengurangi resistensi insulin, yang mungkin akan diresepkan oleh ahli kesehatan mereka.

Apakah diabetes tipe 2 serius?

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • vstory

Pengobatannya termasuk tablet atau suntikan insulin. Perlu dipahami, diabetes tipe 2 serius dan berpotensi menyebabkan komplikasi jangka panjang terkait diabetes.

Dengan lebih banyak orang muda yang mengembangkan diabetes tipe 2, komplikasi terkait diabetes seperti penyakit jantung dan penyakit ginjal juga cenderung terjadi pada usia yang lebih muda.

Mempertahankan gaya hidup sehat dan melakukan pemeriksaan rutin sangat penting untuk tetap sehat dan mencegah perkembangan masalah kesehatan jangka panjang.

Adakah yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes tipe 2 pada anak?

Tidak seperti diabetes tipe 1, perkembangan awal diabetes tipe 2 pada orang muda dapat dicegah dengan bantuan kebiasaan gaya hidup sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya