Arsenic Hour, Kondisi Bayi Menangis Terus Menerus Tanpa Sebab

Ilustrasi bayi menangis.
Sumber :
  • Pixabay/ joffi

VIVA – Bayi baru lahir biasanya sering menangis setiap malam. Tak jarang, usaha keras ibu untuk menenangkan justru membuat tangisan semakin menjadi-jadi.

Belum Kepikiran Nikah, Ternyata Ini Kriteria Pria Idaman Ghea Indrawari

Kondisi itu biasanya yang membuat para orangtua stres dan kewalahan. Keadaan bayi menangis terus menerus itu dikenal dengan istilah arsenic hour. Apa arsenic hour dan bagaimana mengatasinya? Simak tipsnya berikut ini.

Arsenic hour merupakan istilah yang mengacu pada 1,5 jam sebelum bayi dan anak kecil makan malam. Arsenic hour ditandai dengan periode erangan berkepanjangan yang diselingi tangisan. Biasanya itu terjadi hingga bayi merasa lelah dan lapar, kemudian ditutup dengan menyusu ke ibu.

Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kardus di Tanah Abang, Diduga Dibuang Sang Ayah.

Dikutip dari laman Newy With Kids, arsenic hour biasanya dimulai dari jam 15.00 hingga 23.00. Pada waktu itu bayi akan menangis sementara orangtua tidak tahu apa yang diinginkan bayi. Selain itu, pada jam-jam tersebut bayi juga tidak suka menyusu atau tidak tidur dengan nyenyak. Ia hanya merengek dan menangis.

Hingga kini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai arsenic hour, sehingga hal yang bisa dilakukan orangtua adalah mengatur strategi agar bisa mengatasinya.

So Sweet! Ranty Maria Dilamar Rayn Wijaya Tepat di Momen Ulang Tahun

Berkomunikasi dengan pasangan dan meminta tolong untuk mengatasi hal tersebut bersama adalah salah satu cara penting yang dapat Anda lakukan saat anak mengalami arsenic hour.

Ilustrasi bayi menangis.

Photo :
  • vstory

Selama beberapa minggu, sebaiknya identifikasi jam berapa saja bayi menangis dan berlangsung berapa lama. Meskipun umumnya terjadi pada pukul 3 sore hingga 11 malam, tetapi bayi hanya akan menangis selama beberapa jam. Ketika si kecil terlihat tenang, Anda bisa mencoba menidurkannya.

Tips menenangkan bayi saat arsenic hour
Seperti yang sudah disebut sebelumnya, yang terpenting adalah Anda memiliki strategi, khususnya ketika terjadi arsenic hour. Ketika sudah berusaha mati-matian menenangkan anak tapi tidak berhasil, tentu akan membuat ibu kehilangan kepercayaan diri.

Agar hal itu tidak terjadi, cobalah beberapa tips berikut ini.

Persiapan

Dilansir dari Belly Belly, arsenic hour pasti terjadi sehingga penting untuk mempersiapkan diri. terimalah bahwa arsenic hour akan menjadi bagian dari hidup Anda, setidaknya selama beberapa minggu, kemudian buatlah taktik untuk menghadapinya.

Apabila setiap hari Anda menghabiskan waktu dan berharap arsenic hour tidak terjadi, makan akan membuat Anda kelelahan menenangkan si kecil. Jadi, terimalah, tunggu dan ingat bahwa itu tidak akan berlangsung selamanya.

Untuk mengetahui tips menghadapi arsenic hour lainnya, simak melalui tautan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya