6 Rekomendasi Menu MPASI Bayi 6 Bulan, Bantu Lengkapi Kebutuhan Gizi

Ilustrasi wanita/ibu dan bayi.
Sumber :
  • Freepik/senivpetro

VIVA – Saat si kecil sudah menginjak usia 6 bulan, mereka akan mulai diperkenalkan dengan rekomendasi menu MPASI atau makanan pendamping ASI. Untuk memberikan MPASI ini, kamu tidak boleh sembarangan dan harus mengetahui bahwa pemberian makanan ini sebaiknya disesuaikan dengan jadwal secara bertahap serta harus selalu didampingi dengan pemberian ASI. 

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Pemberian MPASI untuk bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan memang direkomendasikan sesuai dengan kebutuhan gizi untuk tumbuh kembang mereka. Hal ini juga disebutkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bahwa makanan bayi berusia 6 bulan setidaknya sudah mengandung 200 kalori yang bisa diperoleh dari MPASI atau setara dengan 4-6 sendok makan sehari yang diberikan sebanyak dua kali. 

Nah, supaya nutrisi si kecil terpenuhi di masa perkembangannya, mari kita simak ulasan tentang rekomendasi menu MPASI yang disadur dari berbagai sumber.

Skenario Tante Bunuh Keponakan di Tangerang, Ambil Perhiasan Korban Biar Dikira Kasus Pencurian

1. Alpukat dan Pisang

Ilustrasi alpukat.

Photo :
  • U-Report
Terungkap, Arti Nama Anak Perempuan Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

Dengan memakai buah-buahan manis dengan rasa yang enak, tentu saja menu MPASI untuk bayi yang sudah berusia 6 bulan akan sangat disukai. Selain itu, seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada banyak kandungan manfaat yang terkandung di dalam buah pisang dan alpukat yang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang serta mencegah terjadinya kejang otot. 

Sementara untuk cara membuat rekomendasi menu makanan pendamping ASI ini, kamu hanya perlu menghaluskan buah alpukat dan pisang dengan memakai garpu di wadah mangkuk. Setelah itu, tambahkan air/ASI/susu formula untuk memperoleh konsistensi makanan yang halus dan cocok untuk bayi berusia 6 bulan. 

2. Nanas

Ilustrasi nanas.

Photo :
  • U-Report

Selain dengan memakai alpukat dan pisang, rekomendasi menu MPASI 6 bulan yang lain juga bisa dengan memakai buah nanas yang mempunyai rasa manis dan menyegarkan. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat menu MPASI yang satu ini sangat sederhana dan mudah dibuat. Kamu hanya membutuhkan buah nanas yang telah dipotong atau beku serta yoghurt. 

Cara membuat makanan ini hanya dengan blender potongan nanas, kemudian dicampurkan dengan yoghurt. Sebelum diberikan kepada si kecil, kamu bisa mencicipinya terlebih dahulu, bila rasanya terlalu asam untuk bayi berusia 6 bulan, maka bisa ditambahkan buah pisang di dalamnya untuk cita rasa manis. Dengan rekomendasi menu MPASI ini dijamin rasanya lezat. 

3. Pasta Kurma

Manfaat kurma

Photo :
  • U-Report

Rekomendasi menu MPASI untuk bayi berusia 6 bulan berikutnya adalah dengan memakai saus Date Paste atau Pasta Kurma Grouu. Saus ini cocok untuk bayi yang sudah berusia 6 bulan ke atas dan aman dikonsumsi oleh semua anggota keluarga, karena bebas pengawet dan perasa buatan, serta tanpa tambahan gula dan garam. Kamu dapat mencampurkan saus ini ke dalam MPASI si kecil sebagai pengganti gula agar lebih sehat dan bergizi.

4. Bubur Sayur

Ilustrasi bayam.

Photo :
  • Pixabay/kkolosov

Rekomendasi menu MPASI yang satu ini memang menjadi salah satu pilihan menu makanan yang sangat mudah. Karena, menu ini mungkin sudah terbiasa dibuat dengan bahan yang sederhana. Bahan yang dibutuhkan hanya beras, wortel, bayam, dan air secukupnya. 

Sementara untuk cara membuatnya adalah dengan memasak beras sampai menjadi bubur, kemudian tambahkan wortel serta bayam yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Untuk mendapatkan protein tambahan, kamu bisa memasukan potongan dada ayam yang dihaluskan. 

5. Oatmeal

Oatmeal.

Photo :
  • Pixabay/cgdsro

Setiap 100 gram oatmeal mengandung 9,9 hingga 14,9 gram serat secara total yang dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan si kecil. Tidak usah khawatir dengan tekstur oatmeal yang beragam, kini sudah tersedia oatmeal instan yang juga sudah cocok untuk bayi berusia 6 bulan. Selain untuk menjaga kesehatan pencernaan, oatmeal juga berfungsi untuk perkembangan otak sang buah hati. 

6. Telur 

Ilustrasi telur.

Photo :
  • Freepik/freepik

Telur juga menjadi salah satu rekomendasi menu MPASI untuk bayi berusia 6 bulan yang sudah direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan RI. Selain sangat mudah ditemukan, telur juga mudah diolah untuk si kecil. Caranya, kamu hanya perlu memasak telur lalu cincang hingga ukuran yang kiranya akan mudah dicerna oleh bayi berusia 6 bulan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya