Eksplor Dunia Seni Pacu Kreativitas Si Kecil, Ini Triknya Moms

Kreativitas anak
Kreativitas anak
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Memacu kreativitas si kecil dapat bermanfaat untuk melatih kemampuan perkembangannya, baik itu dari sisi fisik maupun mental. Kendati begitu, banyak orang tua yang masih bingung dalam membuat kreativitas anak terasah, yang sebenarnya bisa dilakukan melalui hal sederhana.

Salah satunya dengan mengajak si kecil ikut berpartisipasi dalam kegiatan gelaran pameran seni Erlangga Art Awards 2022 di Museum Nasional, Jakarta, dengan tema ‘Indonesia Negara Pemenang’ yang resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno. Menurutnya, berkunjung ke pameran seni dapat memantik jiwa seni si kecil, yang juga termasuk sebagai tren pariwisata saat ini.

"Pandemi COVID-19 memberi dampak bagi wisata indonesia tapi menciptakan tren baru. Tren pariwisata less touch, pariwisata berkualitas," kata Sandiaga Uno, dalam acara Erlangga Art Awards 2022, di Museum Nasional, Jakarta, Selasa 17 Mei 2022.

Dikutip dari Verywell Family, Seni membantu anak kecil mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus. Keterampilan motorik halus sangat penting untuk kesiapan sekolah anak dan termasuk memberikan latihan dengan koordinasi tangan-mata; penggunaan tangan bilateral dan menggunakan tangan dan jari kecil untuk memegang spidol, krayon, dan kuas serta membuat coretan dan tanda. 

Menggunakan spidol, misalnya, dapat membantu anak mengembangkan pelacakan mata dengan mengikuti matanya saat menambahkan warna atau garis. Nantinya keterampilan ini akan memungkinkan anak membaca dari kiri ke kanan, membentuk huruf, dan bahkan menjumlahkan kolom angka!

Seni juga membantu anak-anak remaja untuk memiliki saat-saat untuk memahami sebab dan akibat melalui kesempatan berkreasi menggunakan metodologi Seni Proses - artinya anak-anak belajar sambil melakukan. Misalnya, seorang anak mungkin bereksperimen dengan warna dan berakhir dengan sesuatu yang terlihat berlumpur.