Ajak Si Kecil Tidur Cukup Yuk Moms, Ini Triknya dari Bidan

Ilustrasi bayi tidur.
Ilustrasi bayi tidur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tidur dengan lelap dan nyaman merupakan kebutuhan setia individu, termasuk si kecil agar aktivitasnya bisa dijalani dengan lancar. Saat si kecil kurang tidur, cenderung berdampak tak baik mulai dari sulit makan, mudah tersinggung, hingga pada kesehatannya secara menyeluruh.

Bidan Novelita Damanik mengungkapkan, tidur berkualitas sangat penting bagi tubuh dan fungsi organ, termasuk anak. Hal tersebut agar anak berkembang optimal serta meningkatkan produksi hormon-hormon pertumbuhan dan perkembangan otak. Lantas, berapa lama idealnya si kecil tidur ya?

Menurutnya, tiap usia memiliki rentang waktu tidur berbeda. Pada bayi usia 0-3 bulan idealnya tidur 14-17 jam per hari. Durasinya akan menurun saat usia 4-12 bulan memerlukan 12-16 jam dan batita 1-2 tahun memerlukan 11-14 jam. Sedangkan, anak usia 3-5 tahun butuh 10-13 jam.

"Bayi atau batita dapat dikatakan cukup tidur jika tertidur dengan mudah di malam hari, terbangun dengan mudah di pagi hari, dan tidak memerlukan tidur siang yang melebihi kebutuhan sesuai perkembangannya," tuturnya dalam keterangan pers Makuku, dikutip Jumat 20 Mei 2022.

Bidan Novelita menyarankan bahwa untuk membantu bayi dan batita tidur nyenyak butuh beberapa hal seperti susui bayi hingga kenyang agar tubuhnya nyaman. Selain itu, gunakan pakaian yang lembut dan tidak ketat sehingga anak mudah bergerak.

"Atur juga suhu ruangan yang pas, redupkan cahaya di kamar, minimalisasi suara yang dapat mengganggu, atur posisi tidur bayi senyaman mungkin, dan pastikan bayi menggunakan popok dengan inti struktur SAP yang mampu menyerap dengan baik agar mengurangi gelisah karena popok bocor atau risiko ruam," kata dia.

Bicara soal ruam popok, dokter spesialis anak, dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, menjelaskan, bahwa kulit bayi jauh lebih sensitif dibanding milik orang dewasa. Tak heran, kulit bayi lebih mudah kering sehingga rentan iritasi hingga infeksi yang berujung pada rasa tidak nyaman serta demam.

 

"Bayi memiliki kulit yang 30 persen lebih tipis dan lebih sensitif dibanding kulit orang dewasa, karena itulah kulit bayi mudah dan lebih cepat kehilangan kelembapan serta rentan terhadap iritasi dan infeksi, seperti ruam popok. Ruam popok biasanya berupa gugusan kulit kemerahan yang meradang pada bagian bokong lipatan paha, dan sekitar alat kelamin, serta dapat menimbulkan rasa gatal dan bahkan demam," ujarnya.

Untuk itu, para moms perlu bijak memilih popok dengan teknologi anti gumpal seperti Makuku Air Diapers Comfort. Ini merupakan popok terjangkau dan berkualitas tinggi dengan inti struktur SAP yang mampu menyerap lebih baik dan menjaga permukaan kulit bayi tetap kering hingga 8 jam serta memastikan bayi tetap nyaman saat beraktivitas dan dapat tidur nyenyak.

"MAKUKU memulai era SAP sejak kehadiran perdana kami pada akhir tahun 2021 lalu dengan memperkenalkan kecanggihan inti struktur SAP yang terbukti mampu memenuhi kebutuhan para ibu akan popok dengan daya serap tinggi dan membantu mengurangi risiko ruam. MAKUKU Air Diapers Comfort memiliki keunggulan mampu mengunci cairan, menjaga tetap kering hingga 8 jam, permukaan rongga udara dengan sirkulasi 2 arah, elastic waist yang dirancang menyesuaikan bentuk tubuh bayi, dan dapat menyerap cairan hingga 250 ml," jelas Jason Lee, CEO MAKUKU Indonesia.

Lebih lanjut Jason Lee mengatakan, popok yang menggumpal biasanya menyerap di satu titik saja sehingga permukaan lembab dan basah, hal ini mempercepat pertumbuhan bakteri penyebab ruam merah. MAKUKU Air Diapers Comfort dengan inti struktur SAP mampu menyerap secara merata dan menjaga permukaan tetap kering yang mampu secara efektif mengurangi ruam merah. 

Ilustrasi popok bayi

Ilustrasi popok bayi

Photo :
  • pixabay/Ajale

"Masalah lain yang sering dihadapi orangtua adalah popok yang mudah bocor. MAKUKU Air Diapers Comfort mampu mengunci cairan sehingga membuat permukaan popok tetap kering. Semua keunggulan ini memberikan kenyamanan ketika bayi aktif bergerak dan membantu tidur nyenyak," tutur dia.

Untuk meningkatkan awareness para ibu mengenai pentingnya tidur berkualitas bagi bayi, MAKUKU mengadakan kampanye ‘Baby Sleep Challenge’ di media sosial pada 19 Mei - 19 Juni 2022. MAKUKU Air Diapers Comfort Digital Launch juga akan ditayangkan hari ini pukul 18.00 Wib serentak di akun resmi MAKUKU INDONESIA di Facebook, Instagram, Tiktok, Twitter, Youtube dan Vidio. 

Video peluncuran akan menampilkan konsep keluarga muda yang diwakili oleh keluarga Dion Wiyoko, Audy Marissa, dan Chelsea Olivia yang tengah menikmati peran sebagai orangtua. Sebagai keluarga muda, ketiganya memiliki mobilitas tinggi dan selalu menjunjung tinggi kepraktisan termasuk dalam hal pemilihan popok yang dapat dipercaya untuk menjaga kenyaman si kecil kapanpun dan dimanapun.