Ajak Si Kecil Tidur Cukup Yuk Moms, Ini Triknya dari Bidan

Ilustrasi bayi tidur.
Ilustrasi bayi tidur.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Tidur dengan lelap dan nyaman merupakan kebutuhan setia individu, termasuk si kecil agar aktivitasnya bisa dijalani dengan lancar. Saat si kecil kurang tidur, cenderung berdampak tak baik mulai dari sulit makan, mudah tersinggung, hingga pada kesehatannya secara menyeluruh.

Bidan Novelita Damanik mengungkapkan, tidur berkualitas sangat penting bagi tubuh dan fungsi organ, termasuk anak. Hal tersebut agar anak berkembang optimal serta meningkatkan produksi hormon-hormon pertumbuhan dan perkembangan otak. Lantas, berapa lama idealnya si kecil tidur ya?

Menurutnya, tiap usia memiliki rentang waktu tidur berbeda. Pada bayi usia 0-3 bulan idealnya tidur 14-17 jam per hari. Durasinya akan menurun saat usia 4-12 bulan memerlukan 12-16 jam dan batita 1-2 tahun memerlukan 11-14 jam. Sedangkan, anak usia 3-5 tahun butuh 10-13 jam.

"Bayi atau batita dapat dikatakan cukup tidur jika tertidur dengan mudah di malam hari, terbangun dengan mudah di pagi hari, dan tidak memerlukan tidur siang yang melebihi kebutuhan sesuai perkembangannya," tuturnya dalam keterangan pers Makuku, dikutip Jumat 20 Mei 2022.

Bidan Novelita menyarankan bahwa untuk membantu bayi dan batita tidur nyenyak butuh beberapa hal seperti susui bayi hingga kenyang agar tubuhnya nyaman. Selain itu, gunakan pakaian yang lembut dan tidak ketat sehingga anak mudah bergerak.

"Atur juga suhu ruangan yang pas, redupkan cahaya di kamar, minimalisasi suara yang dapat mengganggu, atur posisi tidur bayi senyaman mungkin, dan pastikan bayi menggunakan popok dengan inti struktur SAP yang mampu menyerap dengan baik agar mengurangi gelisah karena popok bocor atau risiko ruam," kata dia.

Bicara soal ruam popok, dokter spesialis anak, dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, menjelaskan, bahwa kulit bayi jauh lebih sensitif dibanding milik orang dewasa. Tak heran, kulit bayi lebih mudah kering sehingga rentan iritasi hingga infeksi yang berujung pada rasa tidak nyaman serta demam.