Kata Pakar, Cara Ini Bisa Hindarkan Pasangan dari Perceraian

ilustrasi keluarga.
ilustrasi keluarga.
Sumber :
  • pixabay/Lucken

VIVA Parenting - Membekali diri dengan ilmu pernikahan dan parenting merupakan salah satu yang dapat mencegah agar tidak ada perpisahan atau perceraian dalam pernikahan. Hal itu diungkap oleh Penulis Buku, Crystal Liestia. 

Menurutnya, meskipun tidak serta merta menjadi penyebab perselisihan, namun pengetahuan yang luas dari berbagai aspek yang dimiliki orangtua dapat menunjang, agar rumah tangga harmonis dan memberikan kenyamanan bagi seluruh anggota keluarga. Yuk, scroll

"Mengingat orangtua merupakan dua pilar rumah tangga, jika satu saja roboh maka bangunan rumah tangga bisa tumbang," ujarnya saat Media Gathering: Persiapan Menjadi Orangtua Bahagia agar Anak Tumbuh Optimal, yang digelar Jumat 30 September 2022. 

Crystal menjelaskan, dalam buku Agar Anda Siap Jadi Ayah dan Bunda, yang baru diluncurkan, dijelaskan beberapa tips bagi ayah dan bunda untuk tetap dapat menjadi orangtua tangguh di berbagai situasi. 

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.

Ilustrasi ibu dan anak/parenting.

Photo :
  • Freepik/lookstudio

"Menjaga kesehatan mental diri sendiri dan pasangan menjadi salah satu kunci agar anak tetap sehat secara mental dan itu juga dapat memengaruhi tumbuh kembang anak. Sebab, banyak ahli telah mengonfirmasi bahwa anak yang bahagia dapat tumbuh dan berkembang lebih optimal ketimbang anak yang tidak terpenuhi kebutuhan emosinya," tuturnya. 

Selain kesehatan mental, menurut Crystal, rumah tangga yang baik adalah yang kondisi keuangannya stabil. Kendati itu bukan menjadi patokan utama tingkat kebahagiaan sebuah keluarga, namun saat kondisi keuangan tidak stabil akan memunculkan banyak konflik dan pertengkaran hingga membuat retaknya sebuah rumah tangga.