Ajak Anak Aktif Sosialisasi, Jadi Kunci Sukses Mendidik Mereka?

Anak belajar di rumah.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Lifestyle – Ibu memainkan peran yang sangat penting dalam kesuksesan anak. Peran ibu dalam keluarga sangat penting dan memainkan peran kunci dalam membentuk dan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, ibu harus memberikan dukungan yang memadai dan membantu anak-anak mereka untuk mencapai kesuksesan.

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu

Kesuksesan anak juga biasanya tak lepas dari peran ibu. Pola didik orang tua akan berpengaruh sekali dalam perkembangan buah hati untuk mencapai tahap tersebut. Scroll selanjutnya.

Hal itu pun yang dialami oleh sosok kakak beradik, Wilson Tirta dan Jason Surya. Wilson telah berhasil menapaki karier sebagai seorang produser film. Sementara, Jason Surya heboh karena sudah jadi chef dan punya usaha sejak kecil.

Anutusias Punya Anak Perempuan, Alyssa Soebandono Sampai Lakukan Hal Ini

Sang ibu, Liliek Andriani, menuangkan kisah mendidik kedua anaknya lewat buku berjudul Kecil-Kecil Belajar Bisnis. Buku itu terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Skenario Tante Bunuh Keponakan di Tangerang, Ambil Perhiasan Korban Biar Dikira Kasus Pencurian

"Iya tahun 2016 aku bikin buku itu yang isinya bagaimana kita mendidik anak-anak untuk mempunyai enterpreneur spirit yaitu semangat yang pantang menyerah, gigih, ulet, dan tangguh," ujar Liliek saat dihubungi baru-baru ini.

Liliek Andriani berbagi pengalaman bagaimana mengajari anak sedari dini berbisnis. Ia mengungkapkan kunci di balik hal tersebut.

Liliek Andriani, Wilson Tirta dan Jason Surya

Photo :
  • dok pri

"Yang paling penting anak-anak itu harus bahagia. Bahagia dengan pilihannya, bahagia dengan hidup yang dijalaninya, bahagia dengan dampak yang dilakukannya, bahagia dengan manfaat hidupnya. Sebagai seorang mama jangan jadi penonton, tapi ikutlah masuk dalam dunia mereka. Asyik kok apalagi zaman sosial media begini," kata Liliek.

Liliek Andriani lalu membeberkan pola didik Wilson Tirta dan Jason Surya. Ia mengajarkan mereka banyak aktif dalam berhubungan masyarakat. Bahkan Liliek mengaku pernah mengajak kedua buah hatinya turun ke sawah, mengobrol dengan petani, pengrajin, hingga penjual jamu.

Liliek Andriani, Wilson Tirta dan Jason Surya

Photo :
  • dok pri

"Saya juga mengajak mereka ke forum-forum internasional seperti National Convention JCI di Kyoto, seminar Anthony Robbin, aneka workshop, fieldtrip ke sekolah di Fujian China. Karena saya ingin anak saya juga berkembang dan mampu beradaptasi dengan dunia dan kelak bisa membanggakan dan mengenalkan Indonesia di forum dunia. Jadi pola asuh saya ya kita belajar bersama. Tidak selamanya orang tua benar dan jadi orang tua harus adaptif," ujar Liliek.

Pengalaman tersebut juga banyak dituangkannya dalam Buku Kecil-Kecil Belajar Bisnis dari Liliek Andriani. Ia berharap karyanya itu bisa menginspirasi banyak orang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya