Cuaca Lagi Panas, Nadine Chandrawinata Rutin Pakaikan Anak Sunscreen Sejak Usia 6 Bulan

Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara.
Sumber :
  • Instagram @nadinelist

VIVA Parenting – Kondisi cuaca di Indonesia beberapa waktu belakangan tengah dilanda suhu panas yang cukup ekstrem karena tingginya indeks UV dari paparan sinar matahari. Hal ini turut membuat model sekaligus bintang film Nadine Chandrawinata rutin mengaplikasian sunscreen, termasuk pada anaknya.

Viral! Pria Diamuk Massa Usai Cabuli Enam Anak Laki-laki di Cengkareng Jakbar

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau untuk menggunakan sunscreen. BMKG menyebutkan, cuaca ekstrem ini disebabkan oleh gerak semu tahunan matahari, intensitas maksimum radiasi matahari saat kurangnya tutupan awan, serta peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Penyebab-penyebab tersebut merupakan hal lazim yang menjadi siklus tetap, sehingga perlu disadari bahwa Indonesia secara rutin menghadapi cuaca panas. Maka dari itu, penting menjaga kesehatan kulit terutama melalui penggunaan sunscreen. Istri Dimas Anggara itu mengatakan bahwa pemakaian sunscreen rutin ia lakukan setiap hari, terlebih saat cuaca panas seperti saat ini.

Pemanasan Global Ancam Pendidikan Anak-anak di Asia

"Kalau (terpapar) matahari, dari kecil aku diajarkan pakai sunscreen. Waktu itu nggak tahu kenapa (alasan pakai sunscreen), baru tahu sekarang. Aku merasa, (kondisi) kulit lebih baik dibanding yang lain yang nggak pakai sunscreen," ujarnya dalam acara Anessa Summer House Pop Up di Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Rabu 3 Mei 2023.

Polwan Polres Depok Temui Gibran Anak Viral Nangis Kelaparan di Bojonggede, Ini yang Dilakukan

Model berusia 38 tahun itu mengaku lebih memilih memakai sunscreen dibanding perawatan kulit lainnya yang cukup banyak. Ibu satu anak ini bahkan mengaku lebih percaya diri saat harus keluar rumah hanya sekadar memakai sunscreen agar kulitnya lebih sehat dan terawat.

"Lebih pilih sunscreen dibanding skincare 7 lapis itu. Tapi aku memang nggak lepas dari sunscreen. Aku pede dengan hanya (pakai) sunscreen aja," bebernya.

Rutinitasnya untuk memakai sunscreen itu diturunkan langsung pada putrinya, Nadi Djiwa Anggara. Putrinya yang lahir pada 22 Februari 2022 lalu ini sudah diajarkan memakai sunscreen sejak usia 6 bulan. Ternyata, cara paling sederhana membuat si kecil suka memakai sunscreen dengan menunjukkan saat Nadine Chandrawinata memakainya di depan baby Djiwa.

"(Pakai) sunscreen sejak usia kecil, 6 bulan. Tiap pagi kita keliling komplek untuk ambil vitamin D terus dia (Dijwa) juga jalan. Dia senang-senang aja pakai susncreen. Dia selalu pegang botolnya. Mungkin selalu lihat aku pakai (sunscreen), dia juga senang pakainya. Kayak sekarang dia pakai kalung karena lihat aku pakai kalung. Jadi apa yang aku lakukan, dia selalu nyerap," bebernya.

Kendati begitu, pemain film Realita, Cinta, dan Rock n Roll ini mengaku tak mengaplikasikan perawatan kulit lainnya pada baby Djiwa. Hal itu dilakukan Nadine agar putrinya memiliki kondisi yang lebih kuat dengan paparan udara dan lainnya di lingkungan sekitar.

Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara

Photo :
  • IG @nadinelist

"Daily use anak lebih ke buat ruam. Untungnya nggak ada masalah kulit, alergi," tambah Nadine.

Lebih dalam, Nadine Chandrawinata sendiri kerap mengajak Baby Djiwa untuk mengenal alam sejak masih dalam kandungan. Tak heran, saat bepergian pun Baby Djiwa dirasakan oleh Nadine dapat lebih tenang dan terbiasa selama perjalanan jauh sekali pun.

"Dia pasti aku bawa keluar. Kayak sekarang, dia aku bawa biar tahu kerjaan aku. Dia lahir di Bali, ke Bali pun road trip, balik juga road trip pas dia (umur) 1 bulan. Dia seneng aja dibawa jalan. Dari kandungan udah dibawa jalan. (Umur) 6 bulan bawa balik lagi ke Bali," tutur Nadine.

Ada pun, Penggunaan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari semakin dikenal dalam beberapa tahun terakhir. Selain dapat mencegah kulit terbakar hingga risiko kanker kulit, sunscreen juga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit seperti garis halus, kerutan, dan flek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya